Kode Mata KuliahAR2290 / 6 SKS
Penyelenggara152 - Arsitektur / SAPPK
KategoriKuliah
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahStudio Perancangan Arsitektur IIArchitectural Design Studio II
Bahan Kajian
  1. BK 2.1 Tata Ruang dan Bentuk: bentuk dan ruang yang kreatif, dan berkomunikasi dengan alat dan media yang tepat secara efektif
  2. BK 2.2 Perencanaan Tapak dan Ruang Luar: menganalisis dan mengevaluasi lingkungan alam dan manusia dari tapak, memahami karakteristik kawasan, dan merencanakan ruang luar, tapak dan perencanaan tapak berdasarkan pemahaman perencanaan lanskap perkotaan
  3. BK 2.4 Bahan Bangunan dan Metode Komposisinya: merancang berdasarkan eksplorasi dan pemahaman tentang metode pemilihan dan komposisi bahan bangunan arsitektur
  1. BK 2.1 Space and Form: Creative form and space, and communicating effectively with appropriate tools and media.
  2. BK 2.2 Site and Outdoor Space Planning: the natural and human environment of the site, understanding the characteristics of the area, and planning outdoor space, site and site planning based on an understanding of urban landscape planning.
  3. BK 2.4 Building Materials and Composition Methods: design based on exploration and understanding of the selection and composition methods of architectural building materials.
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
  1. Mampu mengungkapkan ide-ide arsitektural melalui berbagai media seperti lisan, tulisan, sketsa, gambar, dan model secara efektif dalam berbagai kondisi yang berbeda.
  2. Memahami prinsip dasar bentuk dan desain 2D dan 3D, komposisi arsitektural, dan mampu menerapkan prinsip-prinsip tersebut untuk menghasilkan bentuk dan ruang yang kreatif.
  3. Mampu mengidentifikasi masalah dan mengusulkan solusi yang tepat berdasarkan analisis atas data yang relevan dari preseden, teori, dan fenomena sosial.
  4. Mampu merancang bangunan untuk memenuhi berbagai kebutuhan dari semua kelompok pengguna termasuk orang dengan disabilitas.
  5. Mampu merancang bangunan berdasarkan prinsip-prinsip keselamatan, perlindungan kebakaran, dan evakuasi.
  6. Memahami dan mampu mengintegrasikan sistem-sistem bangunan seperti struktur, selubung bangunan, sistem mekanikal dan elektrikal dalam proyek-proyek desain.
  7. Memahami karakter dan aplikasi bahan bangunan, serta metode konstruksi komponen bangunan.
  1. Be able to express architectural ideas through various media such as oral, written, sketches, drawings, and models effectively in different conditions.
  2. Understand the basic principles of 2D and 3D form and design, architectural composition, and be able to apply these principles to produce creative forms and spaces.
  3. Able to identify problems and propose appropriate solutions based on analysis of relevant data from precedents, theories, and social phenomena.
  4. Able to design buildings to meet the various needs of all user groups including people with disabilities.
  5. Able to design buildings based on the principles of safety, fire protection, and evacuation.
  6. Understand and be able to integrate building systems such as structure, building envelope, mechanical, and electrical systems into design projects.
  7. Understand the character and application of building materials, and the construction methods of building components.
Metode Pembelajaran- Ceramah/kuliah pakar - Project-based learning (PjBL) - Workshop - Tutorial - Kuliah lapangan- Lectures/expert lectures - Project-based learning (PjBL) - Workshops - Tutorial - Field lectures
Modalitas PembelajaranLuring (Sinkron) dan daring (sinkron/asinkron)Offline (synchronous) and online (synchronous/asynchronous)
Jenis NilaiABCDE
Metode PenilaianTugas individu, Tugas kelompok, UTS, UASIndividual assignment, Group assignment, UTS, UAS
Catatan Tambahan