Kode Mata Kuliah | AR4223 / 3 SKS |
---|
Penyelenggara | 152 - Arsitektur / SAPPK |
---|
Kategori | Kuliah |
---|
| Bahasa Indonesia | English |
---|
Nama Mata Kuliah | Teknologi Imersif dalam Arsitektur | Immersive Technology in Architecture |
---|
Bahan Kajian | - BK 1.1 Arsitektur, Seni dan Teknologi: hubungan arsitektur dengan seni, ilmu pengetahuan dan teknologi berdasarkan teori dan pengetahuan tentang seni, ilmu pengetahuan dan teknologi
| - BK 1.1 Architecture, Art and Technology: architecture's relationship with art, science and technology based on theories and knowledge of art, science and technology
|
---|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Mahasiswa mampu menelaah konseptual tentang pengaruh teknologi imersif seperti virtual reality (VR) terhadap arsitektur sebagai sebuah proses dan sebagai media melalui perancangan sistem dan storyboard aplikasi VR yang melibatkan struktur konten, navigasi dan interaksi dasar
- Mahasiswa mampu melaksanakan pemodelan 3D dan atributnya yakni: data, geometri, tekstur, warna, cahaya menggunakan perangkat lunak pemodelan 3D.
- Mahasiswa mampu melakukan pengembangan aplikasi VR menggunakan Game Engine dan implementasi (deployment) pada perangkat head-mounted display VR (HMD VR)
| - Students are able to examine conceptually the influence of immersive technologies such as virtual reality (VR) on architecture as a process and as a medium through system design and storyboarding of VR applications involving content structure, navigation and basic interaction.
- Students are able to carry out 3D modelling and its attributes namely: data, geometry, texture, colour, light using 3D modelling software.
- Students are able to develop VR applications using Game Engine and implementation (deployment) on VR head-mounted display devices (HMD VR).
|
---|
Metode Pembelajaran | Ceramah
Hands-on Tutorial
Pembelajaran Berbasis Proyek / Project-Based Learning (PjBL) | Lectures
Hands-on Tutorial
Project-Based Learning (PjBL) |
---|
Modalitas Pembelajaran | Luring Sinkron
Bauran/Daring Asinkron | Synchronous Offline
Asynchronous Blended/Online |
---|
Jenis Nilai | ABCDE |
---|
Metode Penilaian | Kuis, UTS (Tugas Individu), dan UAS (Tugas Kelompok) | Quizzes, Mid exam (Individual Assignment), and Final exam (Group Assignment) |
---|
Catatan Tambahan | | |
---|