Kode Mata KuliahFI2251 / 2 SKS
Penyelenggara102 - Fisika / FMIPA
KategoriKuliah
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahBiofisikaBiophysics
Bahan Kajian
  1. Potensial kimia dan transport aktif
  2. Konduksi impuls dalam sistem syaraf
  3. Perubahan fisis dalam otot
  4. Aspek fisis paru-paru dan pernafasan
  5. Aspek fisis system kardiovaskular
  6. Perambatan sinyal pada sel saraf
  7. Aspek fisis telinga dan pendengaran
  8. Aspek fisis mata dan penglihatan
  9. Radiasi ultrasonik, radiasi elektromagnetik, interaksi radiasi dengan materi
  10. Penentuan struktur biomolekul, teknik perunut radioaktif
  1. Chemical potential and active transport
  2. Impulse conduction in the nervous system
  3. Physical changes in muscles
  4. Physical aspects of the lungs and breathing
  5. Physical aspects of the cardiovascular system
  6. Signal propagation in nerve cells
  7. Physical aspects of the ear and hearing
  8. Physical aspects of the eye and vision
  9. Ultrasonic radiation, electromagnetic radiation, interaction of radiation with matter
  10. Determination of biomolecular structure, radioactive tracer technique
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
  1. CO1 Mahasiswa mampu untuk menjelaskan konduksi impuls pada sistem syaraf dan menganalisa perpindahan aktif/pasif
  2. CO2 Mahasiswa mampu untuk memberikan paparan dan menjelaskan mengenai kontraksi otot yang terjadi karena perubahan kondisi fisik pada otot lurik
  3. CO3 Mahasiswa mampu untuk memberikan paparan mengenai struktur dan fungsi dari telinga pada proses pendengaran
  4. CO12 Mahasiswa mampu menerapkan metodologi fisika dalam bidang biologi
  5. CO4 Mahasiswa mampu untuk memberikan paparan mengenai struktur dan fungsi dari mata pada proses pengelihatan
  6. CO5 Mahasiswa mampu untuk memberikan paparan mengenai struktur dan fungsi dari jantung pada sistem sirkulasi darah
  7. CO6 Mahasiswa mampu untuk memberikan paparan mengenai struktur dan fungsi dari sistem pernafasan
  8. CO7 Mahasiswa mampu untuk memberikan paparan mengenai radiasi ultrasonik dan radiasi elektromagnetik dan efeknya pada sistem biologi
  9. CO8 Mahasiswa mampu untuk memberikan paparan mengenai struktur dan fungsi dari biomolekul
  10. CO9 Mahasiswa mampu memodelkan kerja dari paru-paru
  11. CO10 Mahasiswa mampu menginterpretasikan data tingkat pendengaran berdasarkan pure tone audiometer
  12. CO11 Mahasiswa mampu menentukan parameter dari kerja jantung
  13. CO13 Dapat memperluas wawasan ilmu dan metodologi fisika dalam bidang biologi
  1. CO1 Students are able to explain impulse conduction in the nervous system and analyze active/passive transfer
  2. CO2 Students are able to provide exposure and explain muscle contractions that occur due to changes in physical conditions in striated muscles
  3. CO3 Students are able to provide an explanation of the structure and function of the ear in the hearing process
  4. CO12 Students are able to apply physics methodology in the field of biology
  5. CO4 Students are able to provide an explanation of the structure and function of the eye in the vision process
  6. CO5 Students are able to provide exposure to the structure and function of the heart in the blood circulation system
  7. CO6 Students are able to provide exposure to the structure and function of the respiratory system
  8. CO7 Students are able to provide exposure to ultrasonic radiation and electromagnetic radiation and their effects on biological systems
  9. CO8 Students are able to provide exposure to the structure and function of biomolecules
  10. CO9 Students are able to model the work of the lungs
  11. CO10 Students are able to interpret hearing level data based on a pure tone audiometer
  12. CO11 Students are able to determine the parameters of the heart's work
  13. CO13 Can broaden the knowledge and methodology of physics in the field of biology
Metode PembelajaranLuring/BauranOffline/Mixed
Modalitas PembelajaranKombinasi ceramah dan diskusi, pembelajaran berbasis riset (research based learning RBL), tugas kelompok, kuis, dan pembelajaran kooperatifA combination of lectures and discussions, research-based learning (RBL research-based learning), group assignments, quizzes and cooperative learning
Jenis NilaiABCDE
Metode PenilaianUjian Tengah Semester 25%, Ujian Akhir Semester 25%, PR 15%, Kuis 15%, RBL 20%Midterm Exam 25%, Final Exam 25%, Homework 15%, Quiz 15%, RBL 20%
Catatan TambahanMKPB