Kode Mata KuliahAK2163 / 3 SKS
Penyelenggara108 - Aktuaria / FMIPA
KategoriKuliah
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahMikroekonomiMicroeconomics
Bahan Kajian
  1. Masalah kelangkaan dan logika ekonomi
  2. Hukum Absolute Advantage dan Comparative Advantage
  3. Kurva PPF (Production Possibility Frontier)
  4. Hukum Permintaan dan Penawaran
  5. Elastisitas harga terhadap kuantitas permintaan dan penawaran
  6. Teori Nilai Guna dan Masalah Optimisasi Konsumen
  7. Teori Produksi Jangka Pendek dan Jangka Panjang
  8. Struktur Persaingan Pasar
  9. Game Theory
  1. The problem of scarcity and economic logic
  2. LawAbsolute Advantage and Comparative Advantage
  3. PPF curve (Production Possibility Frontier)
  4. Law of Supply and Demand
  5. Price elasticity of demand and supply quantity
  6. Use Value Theory and Consumer Optimization Problems
  7. Short Run and Long Run Production Theory
  8. Market Competition Structure
  9. Game Theory
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
  1. engetahuan dan wawasan yang cukup di bidang matematika dan ekonomi untuk memahami metodologi dan konsep mikroekonimi, yaitu teori penawaran- permintaan, elastisitas, teori nilai guna, kesetimbangan pasar dan struktur persaingan pasar.
  2. Kemampuan berpikir kritis untuk mengidentifikasi permasalahan mikroekonomi dan menyelesaikannya dalam penentuan harga oleh perusahaan, perdagangan antar negara, keuntungan pada pasar persaingan tidak sempurna, dan masalah optimisasi konsumen.
  3. Kemampuan bekerja dalam tim, kepemimpinan dan berkomunikasi dalam menyelesaikan tugas kelompok mikroekonomi yang menggunakan data riil di Indonesia maupun negara lain.
  4. Sikap, etos kerja, keingintahuan yang tinggi, kejujuran dan kemandirian yang baik dalam mempelajari teori-teori mikroekonomi dan menerapkannya untuk menyelesaikan masalah nyata.
  1. Sufficient knowledge and insight in the fields of mathematics and economics to understand microeconomic methodology and concepts, namely supply-demand theory, elasticity, use-value theory, market equilibrium and market competition structure.
  2. The ability to think critically to identify microeconomic problems and solve them in company price determination, trade between countries, profits in imperfect competition markets, and consumer optimization problems.
  3. Ability to work in a team, leadership and communication in completing microeconomic group tasks using real data in Indonesia and other countries.
  4. Good attitude, work ethic, high curiosity, honesty and independence in studying microeconomic theories and applying them to solve real problems.
Metode PembelajaranCeramah, Diskusi Kelompok, Tugas MandiriLectures, Group Discussions, Independent Assignments
Modalitas PembelajaranLuring, sinkron, mandiri, dan kelompok.Offline, synchronous, standalone, and group.
Jenis NilaiABCDE
Metode PenilaianUTS, UAS, PR, dan Kuismidterm exam, final exam,homework and quizzes
Catatan TambahanMahasiswa dapat memperoleh kesetaraan dengan Modul PAI jika mendapatkan nilai tertentuMahasiswa may gain assessment for PAI Module if they obtain certain mark