Kode Mata KuliahBA1201 / 4 SKS
Penyelenggara114 - Rekayasa Pertanian / SITH
KategoriKuliah
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahKimia PertanianAgricultural Chemistry
Bahan Kajian
  1. Kinetika dan Kesetimbangan Kimia
  2. Kimia Larutan
  3. Koloid
  4. Teori Asam dan Basa; Kesetimbangan Asam dan Basa
  5. Kimia Organik
  6. Proses Kimia di Dalam Pertanian
  7. Biomolekul
  8. Metabolisme pada Sistem Tubuh Tumbuhan
  9. Fotosintesis dan Respirasi di Dalam Tumbuhan
  10. Nutrisi Tanaman
  11. Tanah Sebagai Sumber Nutrisi Tanaman
  12. Kimia Pupuk
  13. Kimia Pestisida
  1. Chemical Kinetics and Equilibrium
  2. Solution Chemistry
  3. Colloids
  4. Acid and Base Theory; Acid and Base Equilibrium
  5. Organic Chemistry
  6. Chemical Processes in Agriculture
  7. Biomolecules
  8. Metabolism in Plant Systems
  9. Photosynthesis and Respiration in Plants
  10. Plant Nutrition
  11. Soil as a Source of Plant Nutrients
  12. Fertilizer Chemistry
  13. Pesticide Chemistry
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
  1. Mampu menjelaskan prinsip-prinsip kimia
  2. Mampu menerapkan prinsip-prinsip kimia untuk mendapatkan pemahaman menyeluruh tentang prinsip-prinsip rekayasa pertanian
  3. Mampu mengidentifikasi dan melaksanakan eksperimen laboratorium kimia yang terkait dengan prinsip-prinsip rekayasa pertanian
  4. Mampu menganalisis data untuk memperkuat penilaian rekayasa pertanian
  5. Mampu memilih metode dan/atau alat berdasarkan kekuatan dan batasan metode dan/atau alat terkait untuk memecahkan permasalahan kimia terkait rekayasa pertanian
  6. Mampu menggunakan dan menyesuaikan metode dan/atau alat terhadap permasalah kimia pada rekayasa pertanian
  7. Mampu merencanakan, menyelesaikan dan mengevaluasi tugas dalam tim
  8. Mampu berpartisipasi aktif dalam diskusi dengan tim
  9. Mampu meringkas dan menyimpulkan hasil diskusi kelompok
  1. Able to explain the principles of chemistry
  2. Able to apply the principles of chemistry to gain a comprehensive understanding of agricultural engineering principles
  3. Able to identify and conduct chemical laboratory experiments related to agricultural engineering principles
  4. Able to analyze data to support agricultural engineering assessments
  5. Able to select methods and/or tools based on the strengths and limitations of the methods and/or tools to solve chemical problems related to agricultural engineering
  6. Able to use and adjust methods and/or tools to address chemical problems in agricultural engineering
  7. Able to plan, complete, and evaluate tasks in a team
  8. Able to actively participate in team discussions
  9. Able to summarize and conclude the results of group discussions
Metode PembelajaranCeramah, Diskusi kelompok, Pembelajaran berbasis Masalah/Studi Kasus, PraktikumLectures, Group presentations and discussions, Problem-Based Learning/Case Studies, Practicum
Modalitas PembelajaranLuring Sinkron, Bauran/Daring AsinkronSynchronous Offline, Asynchronous Mix/Online
Jenis NilaiABCDE
Metode PenilaianKuis, Tugas Kelompok, UTS, UAS, PraktikumQuiz, Group Assignment, midterm exam, endterm exam, Practicum
Catatan Tambahan