Kode Mata KuliahMM5010 / 3 SKS
Penyelenggara291 - Business Administration / SBM
KategoriLecture
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahManajemen Stratejik dan Perusahaan TangkasStrategic Management and Agile Enterprise
Bahan Kajian
  1. Apa yang kami maksud dengan strategi? Strategi perusahaan dan model bisnisnya Apa yang membuat suatu strategi menjadi pemenang Mengapa menyusun dan melaksanakan strategi adalah tugas penting
  2. Apa yang dimaksud dengan proses pembuatan strategi dan pelaksanaan strategi? Tahap 1: mengembangkan visi strategis, pernyataan misi, dan serangkaian nilai inti Tahap 2: menetapkan tujuan Tahap 3: menyusun strategi Tahap 4: mengeksekusi strategi Tahap 5: mengevaluasi kinerja dan memulai penyesuaian korektif Tata kelola perusahaan: peran dewan direksi dalam proses penyusunan strategi dan pelaksanaan strategi
  3. Apa yang dimaksud dengan etika bisnis? Dari mana datangnya standar etika—apakah standar tersebut bersifat universal atau bergantung pada norma-norma lokal? Bagaimana dan mengapa standar etika berdampak pada tugas menyusun dan melaksanakan strategi Pendorong strategi dan perilaku bisnis yang tidak etis Mengapa strategi perusahaan harus etis? Strategi, tanggung jawab sosial perusahaan, dan kelestarian lingkungan Analisis pemangku kepentingan
  4. Faktor-faktor yang relevan secara strategis dalam lingkungan makro perusahaan Menilai industri perusahaan dan lingkungan kompetitif Kerangka lima kekuatan Pelengkap dan nilai bersih Dinamika industri dan kekuatan yang mendorong perubahan Analisis kelompok strategis Analisis pesaing Faktor kunci keberhasilan
  5. Sumber Daya, Kemampuan, dan Keunggulan Kompetitif SWOT Analisis rantai nilai dan proposisi nilai Kemampuan dinamis dan kekakuan inti
  6. Analisis situational SWOT TOWS Matching strategies QSPM
  7. Strategi bisnis Kepemimpinan Biaya Diferensiasi
  8. Penguatan posisi Perusahaan Strategi ofensif Strategi defensif Kapan melakukan langkah strategis—penggerak pertama, pengikut yang cepat, atau penggerak yang terlambat Merger atau mengakuisisi perusahaan lain Apakah akan mengintegrasikan ke belakang atau ke depan ke dalam lebih banyak tahapan rantai aktivitas industri Kegiatan rantai nilai mana, jika ada, yang sebaiknya dialihdayakan Apakah akan mengadakan aliansi strategis atau pengaturan kemitraan
  9. Strategi Korporasi Diversifikasi (related vs unrelated) Porter’s essential test
  10. Strategi internasional Keunggulan komparatif Berlian Porte yang menjadi keunggulan nasional Strategi masuk Pendekatan strategi internasional Strategi Internasional Generik
  11. Eksekusi strategi Staffing Pengembangan sumberdaya dan kapabilitas Struktur organisasi
  12. Operasi internal Mengalokasikan sumber daya yang besar untuk aktivitas rantai nilai yang sangat penting dalam pelaksanaannya Melembagakan kebijakan dan prosedur yang memfasilitasi pelaksanaan strategi yang baik Menggunakan alat manajemen proses untuk mendorong perbaikan berkelanjutan dalam cara pelaksanaan aktivitas rantai nilai Memasang sistem informasi dan operasi yang memungkinkan personel perusahaan menjalankan peran strategisnya dengan baik Menggunakan penghargaan dan insentif untuk mendorong pelaksanaan strategi yang lebih baik dan pencapaian target strategis dan keuangan
  13. Budaya dan kepemimpinan Budaya, kekuatan, budaya sehat, Perubahan budaya
  14. Agile organization Resilience Agile strategizing Agile people practice Agile operation Agile linkage
    Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
    1. Mengidentifikasi dan menganalisis masalah utama dari kasus bisnis
    2. Bangun berbagai perspektif yang mengintegrasikan berbagai faktor atau aspek, fungsi bisnis terkait lainnya, dan informasi kontekstual yang relevan
    3. Membuat rekomendasi berdasarkan perspektif yang dibangun dan tujuan strategis perusahaan
    4. Menilai dampak masalah etika terhadap berbagai pemangku kepentingan
    5. Identifikasi isu-isu global yang mungkin mempengaruhi industri
    6. Mengembangkan pemahaman terhadap aspek budaya global yang mempengaruhi operasional bisnis
    1. Identify and analyze the main issues of the business case
    2. Build multiple perspectives that integrate various factors or aspects, other related business functions, and relevant contextual information
    3. Make recommendations based on established perspectives and company strategic goals
    4. Assess the impact of ethical issues on various stakeholders
    5. Identify global issues that may affect the industry
    6. Develop an understanding of global cultural aspects that influence business operations
    Metode PembelajaranPerkuliahan, Diskusi Kelas/KelompokLectures, Class/Group Discussions
    Modalitas PembelajaranLuring, Daring, Sinkron, Mandiri/KelompokOffline, Online, Synchronous, Independent/Group
    Jenis NilaiABCDE
    Metode PenilaianPartisipasi, kuis, partisipasi, Ujian Akhir SemesterParticipation, quizzes, participation, Final Semester Exam
    Catatan Tambahan