Kode Mata KuliahPP2105 / 3 SKS
Penyelenggara119 - Teknologi Pasca Panen / SITH
KategoriKuliah
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahFisiologi Pasca PanenPostharvest Physiology
Bahan Kajian
  1. Struktur fisiologis dan Struktur Morfologis Produk Panen
  2. Pengaruh respirasi
  3. Perubahan produk pasca panen terkait dengan proses perkembangan bioproduk
  4. Hormon etilen
  5. Prinsip memperpanjang umur simpan
  1. Physiological and Morphological Structure of Harvested Products
  2. Influence of respiration
  3. Post-harvest product changes related to the bioproduct development process
  4. Ethylene hormone
  5. The principle of extending shelf life
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
  1. Mahasiswa mampu memahami konsep dasar dan ruang lingkup fisiologi pasca panen
  2. Mahasiswa mampu menjelaskan struktur tumbuhan secara anatomis, morfologis, dan fisiologis
  3. Mahasiswa mampu menjelaskan proses metabolisme yang terjadi di dalam tumbuhan tingkat tinggi
  4. Mahasiswa mampu menjelaskan komponen kimia dan nutrisi produk hasil panen
  5. Mahasiswa mampu menjelaskan proses perkembangan tanaman, hormon yang mempengaruhinya, dan perubahan-perubahan yang terjadi.
  6. Mahasiswa mampu menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi perubahan fisiologis produk pasca panen
  7. Mahasiswa mampu menyusun tugas makalah dan mempresentasikannya
  8. Mahasiswa mampu bekerja secara mandiri dan di dalam kelompok untuk mengerjakan tugas
  9. Mahasiswa mampu bekerja di dalam kelompok untuk melaksanakan percobaan
  1. Students are able to understand the basic concepts and scope of post-harvest physiology
  2. Students are able to explain the structure of plants anatomically, morphologically and physiologically
  3. Students are able to explain the metabolic processes that occur in higher plants
  4. Students are able to explain the chemical and nutritional components of harvest products
  5. Students are able to explain the process of plant development, the hormones that influence them, and the changes that occur.
  6. Students are able to explain the factors that influence physiological changes in post-harvest products
  7. Students are able to compose paper assignments and present them
  8. Students are able to work independently and in groups to complete assignments
  9. Students are able to work in groups to carry out experiments
Metode PembelajaranKombinasi ceramah, diskusi kelompok, dan diskusi interaktif di kelasA combination of lectures, group discussions, and interactive discussions in class
Modalitas PembelajaranVisual, auditorial, kinestetik, sosial interpersonal, verbalVisual, auditory, kinesthetic, social interpersonal, verbal
Jenis NilaiABCDE
Metode PenilaianUjian tertulis dan praktikumWritten and practical exams
Catatan Tambahan