Kode Mata Kuliah | BA3201 / 3 SKS |
---|
Penyelenggara | 114 - Rekayasa Pertanian / SITH |
---|
Kategori | Kuliah |
---|
| Bahasa Indonesia | English |
---|
Nama Mata Kuliah | Rekayasa Sumberdaya Air dan Lahan | Land and Water Resources Engineering |
---|
Bahan Kajian | - Konservasi dan Lingkungan
- Evaporasi dan Evapotranspirasi
- Erosi, Pencucian, dan Infiltrasi Tanah
- Irigasi dan Drainase Pertanian
- Pompa dan Pemompaan
- Cara Pengendalian Erosi
| - Conservation and Environment
- Evaporation and Evapotranspiration
- Erosion, Leaching, and Soil Infiltration
- Agricultural Irrigation and Drainage
- Pumps and Pumping
- Erosion Control Methods
|
---|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Mampu mengidentifikasi dan melaksanakan eksperimen laboratorium dan/atau lapangan untuk memperkuat penilaian terkait rekayasa air dan lahan dalam sistem pertanian secara presisi.
- Mampu menganalisis data untuk memperkuat penilaian terkait rekayasa air dan lahan dalam sistem pertanian secara presisi.
- Mampu menyimpulkan data untuk memperkuat penilaian rekayasa air dan lahan dalam sistem pertanian secara presisi.
- Mampu memilih metode dan/atau alat berdasarkan kekuatan dan batasan metode dan/atau alat terkait untuk memecahkan permasalahan pada rekayasa air dan lahan dalam sistem pertanian.
- Mampu menggunakan dan menyesuaikan metode dan/atau alat terhadap permasalah spesifik pada rekayasa air dan lahan dalam sistem pertanian.
- Mampu menggunakan teknik dan metode perekayasaan untuk mengidentifikasi dan merumuskan permasalahan rekayasa air dan lahan dalam sistem pertanian.
- Mampu mengaplikasikan kemampuan berpikir logis untuk menganalisis permasalahan pada rekayasa air dan lahan dalam sistem pertanian secara presisi.
- Mampu merencanakan, menyelesaikan dan mengevaluasi tugas dalam tim.
- Mampu berpartisipasi aktif dalam diskusi dengan tim.
- Mampu meringkas dan menyimpulkan hasil diskusi kelompok.
| - Able to identify and carry out laboratory and/or field experiments to strengthen assessments related to water and land engineering in precision agricultural systems.
- Able to analyze data to strengthen assessments related to water and land engineering in precision agricultural systems.
- Able to conclude data to strengthen the assessment of water and land engineering in precision agricultural systems.
- Able to choose methods and/or tools based on the strengths and limitations of related methods and/or tools to solve problems in water and land engineering in agricultural systems.
- Able to use and adjust methods and/or tools to specific problems in water and land engineering in agricultural systems.
- Able to use engineering techniques and methods to identify and formulate water and land engineering problems in agricultural systems.
- Able to apply logical thinking skills to analyze problems in water and land engineering in agricultural systems with precision.
- Able to plan, complete and evaluate tasks in teams.
- Able to actively participate in discussions with the team.
- Able to summarize and conclude the results of group discussions.
|
---|
Metode Pembelajaran | Ceramah, Tugas Individu, Tugas kelompok, Diskusi kelompok dan Presentasi Kelompok, Pembelajaran berbasis Masalah/Studi Kasus, Praktikum | Lecture, Individual Assignment, Group Assignment, Group Discussion and Group Presentation, Problem-based Learning/Case Study, Practicum |
---|
Modalitas Pembelajaran | Luring Sinkron, Bauran/Daring Asinkron | Synchronous Offline, Asynchronous Mix/Online |
---|
Jenis Nilai | ABCDE |
---|
Metode Penilaian | Kuis, Tugas Kelompok, UTS, UAS, Praktikum | Quiz, Group Assignment, midterm exam, endterm exam, Practicum |
---|
Catatan Tambahan | | |
---|