Kode Mata Kuliah | BA4098 / 5 SKS |
---|
Penyelenggara | 114 - Rekayasa Pertanian / SITH |
---|
Kategori | Tugas Akhir / Tesis / Disertasi |
---|
| Bahasa Indonesia | English |
---|
Nama Mata Kuliah | Perancangan Sistem Pertanian | Agricultural System Design |
---|
Bahan Kajian | - Review Pengantar Perancangan Sistem Pertanian
- Implementasi/Pelaksanaan Rancangan Sistem Pertanian
- Penyusunan Laporan Perancangan Sistem Pertanian
- Analisis Kelayakan Teknis dan Ekonomis dari Rancangan Sistem Pertanian
| - Review of Introduction to Agricultural Systems Design
- Implementation/Execution of Agricultural System Design
- Preparation of Agricultural System Design Reports
- Technical and Economic Feasibility Analysis of Farming System Design
|
---|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Mampu menjelaskan prinsip-prinsip matematika dan ilmu pengetahuan alam
- Mampu menjelaskan prinsip teknologi informasi dan prinsip dasar rekayasa
- Mampu menerapkan pengetahuan matematika dan ilmu pengetahuan alam untuk mendapatkan pemahaman menyeluruh tentang prinsip-prinsip rekayasa pertanian.
- Mampu menerapkan pengetahuan teknologi informasi untuk mendapatkan pemahaman menyeluruh tentang prinsip-prinsip rekayasa pertanian.
- Mampu menerapkan prinsip-prinsip biosains dan ilmu pertanian untuk mendapatkan pemahaman menyeluruh tentang prinsip-prinsip rekayasa pertanian.
- Mampu menerapkan prinsip rekayasa untuk mendapatkan pemahaman menyeluruh tentang prinsip-prinsip rekayasa pertanian.
- Mampu merancang sistem produksi pertanian terpadu dengan memanfaatkan sumberdaya hayati
- Mampu menerapkan metode dan prinsip rekayasa untuk memenuhi kebutuhan yang ditentukan dengan mempertimbangkan aspek teknik, ekonomi, sosial, dan lingkungan secara berkelanjutan
- Mampu mengidentifikasi dan melaksanakan eksperimen laboratorium dan/atau lapangan untuk memperkuat penilaian rekayasa pertanian secara presisi.
- Mampu menganalisis data untuk memperkuat penilaian rekayasa pertanian secara presisi.
- Mampu menyimpulkan data untuk memperkuat penilaian rekayasa pertanian secara presisi.
- Mampu memilih metode dan/atau alat berdasarkan kekuatan dan batasan metode dan/atau alat terkait untuk memecahkan permasalahan pada rekayasa pertanian.
- Mampu menggunakan dan menyesuaikan metode dan/atau alat terhadap permasalah spesifik pada rekayasa pertanian
- Mampu merancang eksperimen laboratorium dan/atau lapangan untuk memperkuat penilaian rekayasa pertanian secara presisi.
- Mampu menggunakan teknik dan metode perekayasaan untuk mengidentifikasi dan merumuskan permasalahan rekayasa pertanian.
- Mampu mengaplikasikan kemampuan berpikir logis untuk menganalisis permasalahan pada rekayasa pertanian secara presisi.
- Mampu menggunakan pemikiran kreatif dan inovatif untuk memecahkan permasalahan pada rekayasa pertanian
- Mampu merencanakan dan menyiapkan presentasi
- Mampu melaksanakan presentasi dan berdiskusi secara efektif
- Mampu membuat dan menyelesaikan laporan/tugas secara tertulis.
- Mampu merencanakan, menyelesaikan dan mengevaluasi tugas dalam tim
- Mampu berpartisipasi aktif dalam diskusi dengan tim
- Mampu meringkas dan menyimpulkan hasil diskusi kelompok
- Mampu menjelaskan peran, tanggungjawab dan etika profesi perekayasa
- Mampu membuat keputusan berdasarkan tanggung jawab etika profesi dalam memecahkan permasalahan pertanian
- Mampu menjelaskan dampak teknologi rekayasa pertanian terhadap kesejahteraan masyarakat, keamanan lingkungan, dan pembangunan berkelanjutan.
- Mampu belajar secara mandiri dan berkelanjutan melalui kegiatan perkuliahan dan eksperimen.
- Mampu mengumpulkan informasi dari berbagai sumber secara efisien dan efektif
- Mampu mendiskusikan isu-isu terkini yang berkaitan dengan bidang rekayasa
- Mampu menerapkan kreativitas dan keinovasian untuk memecahkan permasalah di bidang rekayasa pertanian
- Mampu menerapkan teori ekonomi dan manajemen di bidang rekayasa pertanian
- Mampu merencanakan sistem pertanian berkelanjutan
- Mampu melaksanakan dan menyelesaikan sistem pertanian berkelanjutan
- Mampu mengevaluasi sistem pertanian berkelanjutan
| - Able to explain the principles of mathematics and natural sciences
- Able to explain the principles of information technology and basic principles of engineering
- Able to apply knowledge of mathematics and natural sciences to gain a thorough understanding of agricultural engineering principles.
- Able to apply knowledge of information technology to gain a thorough understanding of agricultural engineering principles.
- Able to apply the principles of bioscience and agricultural science to gain a thorough understanding of the principles of agricultural engineering.
- Able to apply engineering principles to gain a thorough understanding of agricultural engineering principles.
- Able to design integrated agricultural production systems by utilizing biological resources.
- Able to apply engineering methods and principles to meet specified needs by considering technical, economic, social and environmental aspects in a sustainable manner.
- Able to identify and conduct laboratory and/or field experiments to strengthen precision agricultural engineering assessments.
- Able to analyze data to strengthen precision agricultural engineering assessments.
- Able to summarize data to strengthen precise agricultural engineering assessments.
- Able to select methods and/or tools based on the strengths and limitations of the related methods and/or tools to solve problems in agricultural engineering.
- Able to use and adapt methods and/or tools to specific problems in agricultural engineering.
- Able to design laboratory and/or field experiments to strengthen precision agricultural engineering assessments.
- Able to use engineering techniques and methods to identify and formulate agricultural engineering problems.
- Able to apply logical thinking skills to analyze problems in agricultural engineering with precision.
- Able to use creative and innovative thinking to solve problems in agricultural engineering.
- Able to plan and prepare presentations.
- Able to carry out presentations and discussions effectively.
- Able to create and complete reports/assignments in writing.
- Able to plan, complete and evaluate tasks in a team.
- Able to actively participate in discussions with the team.
- Able to summarize and conclude the results of group discussions.
- Able to explain the roles, responsibilities and ethics of the engineering profession.
- Able to make decisions based on professional ethical responsibilities in solving agricultural problems.
- Able to explain the impact of agricultural engineering technology on community welfare, environmental security, and sustainable development.
- Able to learn independently and continuously through lectures and experiments.
- Able to collect information from various sources efficiently and effectively.
- Able to discuss current issues related to engineering.
- Able to apply creativity and innovation to solve problems in the field of agricultural engineering.
- Able to apply economic and management theories in the field of agricultural engineering.
- Able to plan sustainable agricultural systems.
- Able to implement and complete sustainable agricultural systems.
- Able to evaluate sustainable agricultural systems.
|
---|
Metode Pembelajaran | Ceramah, Diskusi kelompok, Pembelajaran berbasis Masalah/Studi Kasus | Lecture, Group Discussion,
Problem Based Learning/Case Study |
---|
Modalitas Pembelajaran | Luring Sinkron
Bauran/Daring Asinkron | Synchronous Offline, Asynchronous Online/Blended |
---|
Jenis Nilai | ABCDE |
---|
Metode Penilaian | Kuis, Tugas Kelompok, UTS, UAS | Quiz, Group Assignment, Mid-Term Exam, Final Exam |
---|
Catatan Tambahan | | |
---|