Kode Mata Kuliah | BA4221 / 2 SKS |
---|
Penyelenggara | 114 - Rekayasa Pertanian / SITH |
---|
Kategori | Kuliah |
---|
| Bahasa Indonesia | English |
---|
Nama Mata Kuliah | Teknologi Pertanian Berbasis Non-Lahan | Non-Land Based Agricultural Technology |
---|
Bahan Kajian | - Perancangan Pertanian Non Lahan
- Aplikasi Budidaya Hidroponik
- Konsep dan pemeliharaan ruang tumbuh. Pengaturan, pemeliharaan model ruang tumbuh yang efisien
- Media tanam
- Pemupukan dan Irigasi (Fertigasi)
- Komoditas hidroponik
- Budidaya Hidroponik
- Aquaponic
- Penanganan penyakit dalam sistem budidaya non lahan
- Analisis Biaya dan Target hasil
- Aplikasi budidaya non lahan
| - Non-Land Farming Design
- Hydroponic Cultivation Applications
- Concept and maintenance of growing space. Set up and maintain an efficient growing space model.
- Growing media
- Fertilization and Irrigation (Fertigation)
- Hydroponic commodities
- Hydroponic Cultivation
- Aquaponic
- Disease management in non-land cultivation systems
- Cost Analysis and Target Results
- Non-land cultivation applications
|
---|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Mampu menerapkan prinsip-prinsip biosains dan ilmu pertanian untuk mendapatkan pemahaman menyeluruh tentang prinsip-prinsip pertanian berbasis non-lahan.
- Mampu menerapkan prinsip rekayasa untuk mendapatkan pemahaman menyeluruh tentang prinsip-prinsip rekayasa pertanian berbasis non-lahan.
- Mampu menggunakan teknik dan metode perekayasaan untuk mengidentifikasi dan merumuskan permasalahan pertanian berbasis non-lahan.
| - Able to apply the principles of bioscience and agricultural science to gain a comprehensive understanding of the principles of non-land farming.
- Able to apply engineering principles to gain a thorough understanding of non-land agricultural engineering principles.
- Able to use engineering techniques and methods to identify and formulate non-land agricultural problems.
|
---|
Metode Pembelajaran | Ceramah, Diskusi kelompok, Pembelajaran berbasis Masalah/Studi Kasus | Lectures, Group Discussions, Problem Based Learning/Case Studies |
---|
Modalitas Pembelajaran | Luring Sinkron,
Bauran/Daring Asinkron | Synchronous Offline,
Asynchronous Mixed/Online |
---|
Jenis Nilai | ABCDE |
---|
Metode Penilaian | Kuis, Tugas Kelompok, UTS, UAS | Quiz, Group Assignment, Mid-Term Exam, Final Exam |
---|
Catatan Tambahan | | |
---|