| Kode Mata Kuliah | DI2207 / 2 SKS |
|---|
| Penyelenggara | 173 - Desain Interior / FSRD |
|---|
| Kategori | Kuliah |
|---|
| Bahasa Indonesia | English |
|---|
| Nama Mata Kuliah | Sejarah Desain | History of Design |
|---|
| Bahan Kajian | - Definisi dan Pentingnya Studi Sejarah Desain Interior: Pengertian desain interior, Mengapa mempelajari sejarah desain interior, Pendekatan dalam Studi Sejarah Desain Interior
- Pendekatan kronologis Studi Sejarah Desain Interior, Pendekatan tematik, Pendekatan regional, Periode Kuno hingga Abad Pertengahan, Renaisans hingga Barok, Neoklasik hingga Arts and Crafts, Modernisme dan Pasca-Modernisme
- Desain Interior Kontemporer, Minimalisme, penggunaan teknologi, dan keberlanjutan, Tren terkini dalam desain interior, Pengaruh globalisasi terhadap desain interior
- Pentingnya memahami sejarah untuk inovasi desain masa depan
|
|
|---|
| Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Memahami pengetahuan, prinsip dan keterampilan desain interior
- Menjelaskan pengetahuan, prinsip dan keterampilan desain interior
- Mengimplementasikan pengetahuan, prinsip dan keterampilan desain interior dalam konteks (Mata Kuliah)
- Mampu mencari data literatur, regulasi, dan standar yang digunakan sesuai dengan kasus perancangan
- Mampu melakukan survey lapangan (observasi, wawancara, diskusi, dll) sesuai dengan kasus perancangan
- Mampu mengintegrasikan data yang telah diperoleh menjadi sebuah panduan perancangan
- Mampu mencari data literatur, regulasi, dan standar yang digunakan sesuai dengan kasus perancangan
- Mampu mengoordinasikan pengetahuan berbagai pengetahuan dan wawasan seni maupun desain untuk mendukung kinerja desain interior
|
|
|---|
| Metode Pembelajaran | Ceramah/ Kuliah Dosen Tamu
Diskusi
Collaborative Learning
Studi Kasus
Ceramah/ Kuliah Dosen Tamu | |
|---|
| Modalitas Pembelajaran | Hybrid
"Luring (Offline): Kuliah tatap muka, praktikum, dan presentasi.
Daring (Online): Diskusi online, pengumpulan tugas melalui platform e-learning, dan webinar." | |
|---|
| Jenis Nilai | ABCDE |
|---|
| Metode Penilaian | Point
"Penilaian dilakukan menggunakan rubrik mencakup:
1. Kehadiran, 2. Tugas Kelompok, 3. UTS, 4. UAS" | |
|---|
| Catatan Tambahan | | |
|---|