Kode Mata KuliahDI2205 / 3 SKS
Penyelenggara173 - Desain Interior / FSRD
KategoriKuliah
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahStudi Gubahan RuangSpatial Exploration Study
Bahan Kajian
  1. Elemen-elemen fundamental Desain
  2. Prinsip-prinsip Fundamental Desain
  3. Aplikasi Elemen dan prinsip fundamental desain dalam komposisi ruang
  4. Serial Vision
  1. Fundamental Elements of Design
  2. Fundamental Principles of Design
  3. Application of Fundamental Design Elements and Principles in Spatial Composition
  4. Serial Vision
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
  1. Memahami pengetahuan, prinsip dan keterampilan desain interior
  2. Mampu mencari data literatur, regulasi, dan standar yang digunakan sesuai dengan kasus perancangan
  3. Mampu mengintegrasikan data yang telah diperoleh menjadi sebuah panduan perancangan
  4. Mampu berpikir logis, kritis dalam menganalisis data atau informasi untuk menarik kesimpulan
  5. Mampu melakukan survey lapangan (observasi, wawancara, diskusi, dll) sesuai dengan kasus perancangan
  6. Menjelaskan pengetahuan, prinsip dan keterampilan desain interior
  7. Mampu menyampaikan ide dan gagasan desain dalam bentuk lisan, tulisan dan dokumen gambar kerja secara komunikatif dan informatif
  8. Mampu membuat sketsa manual berdasarkan ide yang dihasilkan
  9. Mampu menggunakan tools dan software digital untuk menghasilkan visualisasi ide desain
  10. Mampu menyampaikan ide dan gagasan secara lisan
  11. Mampu membuat sketsa manual berdasarkan ide yang dihasilkan
  12. Mampu menyampaikan ide dan gagasan desain dalam bentuk lisan, tulisan dan dokumen gambar kerja secara komunikatif dan informatif
  1. Understand the knowledge, principles, and skills of interior design
  2. Able to search for literature, regulations, and standards relevant to the design case
  3. Able to integrate the collected data into a design guide
  4. Able to think logically and critically in analyzing data or information to draw conclusions
  5. Able to conduct field surveys (observations, interviews, discussions, etc.) relevant to the design case.
  6. Explain interior design knowledge, principles, and skills.
  7. Able to convey design ideas and concepts verbally, in writing, and as working drawings in a communicative and informative manner.
  8. Able to create manual sketches based on generated ideas.
  9. Able to use digital tools and software to produce visualizations of design ideas.
  10. Able to convey ideas and concepts verbally.
  11. Able to create manual sketches based on generated ideas.
  12. Able to convey design ideas and concepts verbally, in writing, and as working drawings in a communicative and informative manner.
Metode PembelajaranProject Based Learning (PBL), Learners Centered Education (LCE), Outcome Based Education (OBE), Collaborative LearningProject Based Learning (PBL), Learners Centered Education (LCE), Outcome Based Education (OBE), Collaborative Learning
Modalitas PembelajaranTugas Kelompok, UTS, UASGroup Assignments, Mid-Term Exams, and Final Exams
Jenis NilaiABCDE
Metode PenilaianMahasiswa didorong untuk berlatih presentasi dan diskusi di dalam kelompokStudents are encouraged to practice presentations and group discussions.
Catatan TambahanMata kuliah ini bersifat wajib dan termasuk mata kuliah utama. Melalui matakuliah ini mahasiswa memahami bentuk gubahan ruang serta sifat-sifat yang tercipta darinya. Untuk mempelajari hal ini mahasiswa menggunakan media maket untuk mengeksplor fenomena bentuk ruang sehingga dapat dirasakan efek perceptual yang tercipta. Dengan cara seperti ini mahasiswa diharapkan dapat lebih langsung merasakan efek pembentukan ruangnya dan memahami bagaimana elemen-elemen serta pola organisasi ruang yang berpengaruh terhadap pembentukan sifat ruang tersebut.pkannya pada sebuah desain dengan fungsi sebagai fasilitas duduk atau dengan fungsi sederhana.This course is compulsory and included in the core curriculum. Through this course, students understand the composition of spatial forms and the properties they create. To learn this, students use models to explore the phenomenon of spatial form, allowing them to experience the perceptual effects they create. In this way, students are expected to more directly experience the effects of spatial formation and understand how the elements and patterns of spatial organization influence the formation of these properties, particularly in designs that function as seating or simply function.