Kode Mata Kuliah | DI2203 / 3 SKS |
---|
Penyelenggara | 173 - Desain Interior / FSRD |
---|
Kategori | Kuliah |
---|
| Bahasa Indonesia | English |
---|
Nama Mata Kuliah | Desain Mebel I | Furniture Design I |
---|
Bahan Kajian | - Elemen-elemen fundamental Desain
- Prinsip-prinsip Fundamental Desain
- Aplikasi Elemen dan prinsip dasar desain dalam desain mebel
- Affordances
- Material dan proses pembentukan desain mebel
| - Fundamental Elements of Design
- Fundamental Principles of Design
- Application of Basic Design Elements and Principles in Furniture Design
- Affordances
- Materials and the Process of Creating Furniture Design
|
---|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Memahami pengetahuan, prinsip dan keterampilan desain interior
- Mampu mencari data literatur, regulasi, dan standar yang digunakan sesuai dengan kasus perancangan
- Mampu mengintegrasikan data yang telah diperoleh menjadi sebuah panduan perancangan
- Mampu berpikir logis, kritis dalam menganalisis data atau informasi untuk menarik kesimpulan
- Mampu melakukan survey lapangan (observasi, wawancara, diskusi, dll) sesuai dengan kasus perancangan
- Menjelaskan pengetahuan, prinsip dan keterampilan desain interior
- Mampu menyampaikan ide dan gagasan desain dalam bentuk lisan, tulisan dan dokumen gambar kerja secara komunikatif dan informatif
- Mampu membuat sketsa manual berdasarkan ide yang dihasilkan
- Mampu menggunakan tools dan software digital untuk menghasilkan visualisasi ide desain
- Mampu menyampaikan ide dan gagasan secara lisan
- Mampu membuat sketsa manual berdasarkan ide yang dihasilkan
- Mampu menyampaikan ide dan gagasan desain dalam bentuk lisan, tulisan dan dokumen gambar kerja secara komunikatif dan informatif
| - Understand interior design knowledge, principles, and skills
- Able to search for literature, regulations, and standards relevant to the design case
- Able to integrate the collected data into a design guide
- Able to think logically and critically in analyzing data or information to draw conclusions
- Able to conduct field surveys (observations, interviews, discussions, etc.) relevant to the design case
- Explain interior design knowledge, principles, and skills.
- Able to convey design ideas and concepts verbally, in writing, and in working drawings in a communicative and informative manner.
- Able to create manual sketches based on generated ideas.
- Able to use digital tools and software to produce visualizations of design ideas.
- Able to convey ideas and concepts verbally.
- Able to create manual sketches based on generated ideas.
- Able to convey design ideas and concepts verbally, in writing, and in working drawings in a communicative and informative manner.
|
---|
Metode Pembelajaran | Project Based Learning (PBL), Learners Centered Education (LCE), Outcome Based Education (OBE), Collaborative Learning | Project-Based Learning (PBL), Learner-Centered Education (LCE), Outcome-Based Education (OBE), Collaborative Learning |
---|
Modalitas Pembelajaran | visual, auditori, kinestetik | Visual, auditory, kinesthetic |
---|
Jenis Nilai | ABCDE |
---|
Metode Penilaian | Tugas Kelompok, UTS, UAS, Portfolio | Group Assignments, Mid-Term Exams, Final Exams, Portfolio |
---|
Catatan Tambahan | Mata kuliah ini bersifat wajib dan termasuk mata kuliah utama. Melalui mata kuliah ini, mahasiswa mempelajari masalah desain mebel dengan tingkat kompleksitas rendah, dengan penekanan komposisi desain 3 dimensi mebel yang dicapai melalui eksplorasi karakter material yang ditentukan. Mata kuliah ini diberikan dengan metoda Pembelajaran Berbasis Masalah, Diskusi kelompok, Studi Kasus, Simulasi. Melalui kuliah praktek ini mahasiswa diharapkan memiliki kemampuan mengolah elem-elemen dan prinsip-prinsip desain dari suatu karakter material tertentu dan menerapkannya pada sebuah desain dengan fungsi sebagai fasilitas duduk atau dengan fungsi sederhana. | This course is compulsory and considered a core subject. Through this course, students study furniture design problems of low complexity, with an emphasis on 3-dimensional furniture design composition achieved through exploration of the characteristics of specified materials. This course is taught using Problem-Based Learning, group discussions, case studies, and simulations. Through this practical course, students are expected to develop the ability to process elements and design principles from specific material characteristics and apply them to a design that functions as a seating facility or with a simple function. |
---|