Kode Mata KuliahDI3201 / 4 SKS
Penyelenggara173 - Desain Interior / FSRD
KategoriKuliah
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahDesain Mebel IIIFurniture Design III
Bahan Kajian
  1. Sejarah, budaya duduk dan gaya hidup sebagai faktor yang mempengaruhi perilaku, sikap, nilai dan cara dalam duduk santai (Gambar ulang kursi santai (Measured Drawing)). (Pertemuan 1)
  2. Dining Chair dan Easy Chair. (Pertemuan 2)
  3. "Standar dimensi antropometri manusia serta ergonomi duduk (Desain Dinning Set (group)). (Pertemuan 3)"
  4. "Sifat, karakter, properti mekanis bahan furnitur (kayu, plywood, rotan, besi) dengan pertimbangan estetik dan fungsi. (Pertemuan 4 & 5)"
  5. "Combinatorial Nature of Creative Thinking dan generative AI dalam desain furnitur (Desain Easy Chair) (Pertemuan 6)"
  6. "Kunjungan industri: Desain & R&D, proses produksi, dan marketing. (Pertemuan 7)"
  7. "Kunjungan pamerani: Desain Trend, R&D, serta Marketing. (Pertemuan 9)"
  8. "Design Critic 1-5: Proyek Portofolio Desain Kursi Santai (Easy Chair) (Workshop Mebel Rotan 1:10) (Pertemuan 10-15)"
  9. 3D Printing Desain Mebel (Additive Manufacturing) (Pertemuan 14)
    Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
    1. Mampu menerapkan standar skala / dimensi antropometri manusia serta ergonomi duduk.
    2. Mampu mendesain kursi makan (dining set) dan kursi santai (easy chair) secara kreatif dengan pemahaman budaya duduk, perilaku pengguna, gaya hidup (selera, preferensi) aspek antropometri, standar ergonomi, sambungan, konstruksi, serta karakter material.
    3. Mampu mendesain kursi makan (dining set) dan kursi santai (easy chair) yang memenuhi kaidah production-friendly.
    4. Mampu mewujudkan visualisasi desain mebel secara manual maupun digital (generative AI).
    5. Mampu memvisualisasikan prinsip-prinsip sambungan (joineries), konstruksi rotan, konstruksi kayu, anyaman, plywood, dan besi dalam kaitannya dengan vokabulari bentuk serta karakter mekanis bahan dengan benar.
    6. Mampu mengelola seluruh tahapan tugas perancangan kursi (mebel) secara profesional dan bertanggungjawab, baik secara mandiri maupun dengan bekerjasama (teamwork)
      Metode PembelajaranCeramah/ Kuliah Dosen Tamu Diskusi Collaborative Learning Team-Based Project Studi Kasus
      Modalitas PembelajaranHybrid "Sinkronik dilaksanakan 90% dari seluruh proses kuliah yang bersifat kuliah praktek di studio. Proses design critics / design consultation dilaksanakan secara tatap muka / person to person untuk menjamin seluruh komponen desain dikonsultasikan secara lengkap. Asinkron dilaksanakan bagi sesi latihan mandiri yang dibantu melalui penggunaan Memanfaatkan Learning Management System/Open Online Courses (Edunex, Google Classroom, Zoom, dan Whatsapps Group)"
      Jenis NilaiABCDE
      Metode PenilaianWeighted "(1) Tugas Latihan 1: Gambar Ulang Kursi Santai (Measured Drawing) secara manual dengan mengukur dan menggambar ulang skala 1:5 sebuah kursi santai ideal dengan tujuan mengenal standar ukuran kenyamanan duduk, memahami prinsip skala gambar, gambar proyeksi dan disiplin gambar (line, dimension, scaling, lettering, hatching, dls). (2) Tugas Latihan 2 (Group): Desain Dining Set (4 kursi dan 1 meja makan). Latihan termasuk memahami perceptual map (design trend), dan idea-generation melalui proses bimbingan desain (design critics) dalam bentuk sketsa, gambar proyeksi, gambar detail, perspektif. (3) Tugas Latihan 3: Laporan Kunjungan Studi ke Industri. Laporan dalam bentuk poster A3 yang dibuat secara berkelompok, berdasarkan topik-topik yang diarahkan: Desain & R&D, Proses Produksi, dan Marketing. (4) UTS: Desain Eksplorasi dan Konsep Kursi Easy Chair (5) UAS: Gambar Skematik Proyeksi Kursi Skala 1:1. Transformasi gambar dari skala 1:5 ke aktual 1:1 untuk dapat menangkap persoalan-peroalan teknis seperti, proposi, kenyamanan, sistem sambungan, konstruksi, gambar kerja dan aspek keindahan. (6) Tugas Utama: Portofolio Desain Kursi Santai (Easy Chair). Gambar kerja, gambar detail, gambar perspektif, mock-up 3D printing 1:1 (prototipe aktual 1:1 melalui seleksi/kurasi) "
      Catatan Tambahan"Strategi Pedagogi dan Pesan untuk Pengajar 1. Kehadiran mahasiswa/i (kuliah, tutorial, studio, dll) tidak boleh kurang dari 80%. 2. Mahasiswa/i yang tidak berhalangan hadir karena alasan khusus (kesehatan, emergensi, aktivitas resmi, dll) harus dilengkapi dokumen resmi dari pengajar / yang berwenang. Tanpa kelengkapan surat resmi dan kehadiran dibawah 80% maka tidak diperkenankan mengikuti UTS atau UAS. 3. Semua aturan akademik PSDI, Fakultas dan Universitas berlaku. 4. Konsultasi desain tambahan (design critic session) oleh dosen kepada peserta diberikan 2x sesi dalam 1 minggu diluar masa kuliah."