Kode Mata KuliahDI4005 / 3 SKS
Penyelenggara173 - Desain Interior / FSRD
KategoriKuliah
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahDesain Interior BerkelanjutanSustainability in Interior Design
Bahan Kajian
  1. Pengertian & Prinsip Desain Berkelanjutan: Sejarah Desain Berkelanjutan,
  2. Pengertian & Isu Desain Interior Berkelanjutan
  3. Metode Berpikir sistem dan holistic
  4. Kreativitas & Estetika Berkelanjutan
  5. Budaya & Teknologi dalam Desain Berkelanjutan
  6. Desain Universal
  1. Understanding & Principles of Sustainable Design: The History of Sustainable Design
  2. Understanding & Issues in Sustainable Interior Design
  3. Systems and Holistic Thinking Methods
  4. Sustainable Creativity & Aesthetics
  5. Culture & Technology in Sustainable Design
  6. Universal Design
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
  1. Memahami dasar-dasar kesejarahan dan wawasan seni rupa, desain, teknik, material dan budaya yang menunjang keilmuan desain interior
  2. Mampu mengoordinasikan pengetahuan berbagai pengetahuan dan wawasan seni maupun desain untuk mendukung kinerja desain interior
  3. Memahami dasar-dasar pengetahuan dan wawasan yang bersifat kelokalan yang menunjang desain interior dan mendukung kinerja desain interior
  4. Mampu mengoordinasikan berbagai pengetahuan yang bersifat kelokalan dalam menyelesaikan tugas-tugas desain interior
  5. Mampu menyampaikan ide dan gagasan desain secara lisan dan tulisan kepada orang lain
  6. Mampu menyampaikan ide dan gagasan desain secara lisan dan tulisan dalam kelompok
  7. Memiliki wawasan terbuka dalam mengeksplorasi berbagai topik sesuai konteks (mata kuliah)
  8. Mampu memanfaatkan berbagai sumber daya yang dimiliki untuk pembelajaran
  1. Understand the historical fundamentals and insights of fine art, design, engineering, materials, and culture that support interior design
  2. 848 / 5,000 Understand the historical fundamentals and insights of fine art, design, engineering, materials, and culture that support interior design. Able to coordinate knowledge of various art and design disciplines to support interior design performance.
  3. Understand the fundamentals of local knowledge and insights that support interior design and interior design performance.
  4. Able to coordinate various local knowledge in completing interior design assignments.
  5. Able to convey design ideas and concepts verbally and in writing to others.
  6. Able to convey design ideas and concepts verbally and in writing within a group.
  7. Able to explore various topics according to the context (of the course).
  8. Able to utilize various available resources for learning.
Metode PembelajaranKuliah teori, tatap muka, diskusi kelas,collaborative learning, Team - based project, studi kasusTheory lectures, face-to-face meetings, class discussions, collaborative learning, team-based projects, and case studies.
Modalitas Pembelajaranluring sinkron, daring asinkronSynchronous offline and asynchronous online.
Jenis NilaiABCDE
Metode PenilaianTugas, UTS, UASAssignments, mid-term exams, and final exams
Catatan TambahanDesain interior berkelanjutan merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa S-1 program studi Desain Interior ITB pada semester 7 yang membahas mengenai sustainable design atau konsep berkelanjutan yang bertujuan memberikan wawasan dan membangun kesadaran akan arti penting aspek berkelanjutan dari desain khususnya desain interior. Mendalami pengetahuan akan potensi keragaman lingkungan (fisik dan sosial) dan dampaknya terhadap manusia, sebagai sumber daya desain yang strategis. Konsep pembelajaran memberikan wawasan yang berfokus pada membangun kesadaran pola berpikir mahasiswa betapa pentingnya aspek berkelanjutan dari sudut pandang desain interior. Dosen sebagai mediator dan fasilitator guna menstimulus konsep awal berpikir mahasiswa untuk lebih peka dalam melihat isu – isu lingkungan, sosial dan ekonomi pada setiap proses desain.Sustainable interior design is a compulsory course for undergraduate students in the Interior Design program at ITB in the 7th semester. It discusses sustainable design or sustainable concepts. It aims to provide insight and build awareness of the importance of sustainable aspects of design, particularly interior design. It deepens knowledge of the potential of environmental diversity (physical and social) and its impact on humans, as a strategic design resource. The learning concept provides insights focused on building students' awareness of the importance of sustainable aspects from an interior design perspective. The lecturer acts as a mediator and facilitator to stimulate students' initial thinking concepts and foster greater sensitivity to environmental, social, and economic issues in every design process.