Kode Mata KuliahMA1202 / 3 SKS
Penyelenggara101 - Matematika / FMIPA
KategoriKuliah
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahMatematika IIB (Ilmu Hayati)Mathematics IIB (for Life Sciences)
Bahan Kajian
  1. Teknik pengintegralan
  2. Limit bentuk tak tentu dan integral tak wajar
  3. Barisan dan deret (dengan penekanan pada Hampiran Taylor)
  4. Persamaan beda
  5. Persamaan Diferensial
  6. Vektor dan Model Matriks
  7. Kalkulus Peubah Banyak
  8. Sistem Persamaan Diferensial
  1. Integration technique
  2. Limit indeterminate forms and improper integrals
  3. Rows and series (with emphasis on Taylor's Approximation)
  4. Difference equation
  5. Differential Equation
  6. Vector and Matrix Models
  7. Multivariable Calculus
  8. System of Differential Equations
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
  1. Mengkaji dan menjelaskan fenomena perubahan suatu besaran, melalui berbagai strategi, dengan menggunakan konsep-konsep dasar kalkulus peubah banyak, khususnya turunan (konsep tingkat perubahan) dan integral (konsep akumulasi perubahan), matriks, persamaan beda, serta sistem persamaan diferensial.
  2. Menggunakan teorema-teorema dalam kalkulus untuk menjelaskan beberapa fenomena nyata dalam ilmu hayati.
  3. Menyusun rangkaian argumen matematika, dalam berpendapat untuk meyakinkan orang lain, dalam lisan maupun berbagai penyajian seperti diagram, tabel, grafik, maupun tulisan, dalam bahasa sendiri termasuk memberi penafsiran dalam konteks matematika maupun di luar matematika
  4. Menggunakan matematika beserta pemanfaatan tekonologi sebagai alat bantu (jika diperlukan), untuk menganalisis dan menyelesaikan berbagai masalah, baik di dunia nyata maupun dalam ilmu hayati, untuk membangun sikap-sikap positif seperti kepercayaan diri, gigih, terbuka, dan lainnya.
  1. Examine and explain the phenomenon of change in a quantity, through various strategies, using the basic concepts of calculus of many variables, especially derivatives (the concept of rate of change) and integrals (the concept of accumulation of change), matrices, difference equations, and systems of differential equations.
  2. Use theorems in calculus to explain some real phenomena in life science.
  3. Constructing a series of mathematical arguments, in arguing to convince others, orally and in various presentations such as diagrams, tables, graphs, and writing, in one's own language including interpretation in mathematical contexts and outside mathematics
  4. Use mathematics and the use of technology as a tool (if needed), to analyse and solve various problems, both in the real world and in the life sciences, to build positive attitudes such as confidence, perseverance, openness, and others.
Metode PembelajaranKombinasi ceramah dan diskusi, pembelajaran berbasis masalah, tugas mandiri, kuis rutin bersama, dan pembelajaran kooperatifA combination of lectures and discussions, problem-based learning, individual assignments, regular joint quizzes, and cooperative learning
Modalitas PembelajaranLuring/Bauranoffline/hybrid
Jenis NilaiABCDE
Metode PenilaianUTS , UAS, tugas dan kuis mandiri.UTS, UAS, assignments and self-quizzes.
Catatan Tambahan