Kode Mata KuliahMA1206 / 3 SKS
Penyelenggara101 - Matematika / FMIPA
KategoriKuliah
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahMatematika IIF (Bisnis dan Manajemen)Mathematics IIF (for Business and Management)
Bahan Kajian
  1. Himpunan dan Pencacahan
  2. Peluang
  3. Peubah Acak
  4. Sistem Persamaan Linear dan Matriks
  5. Pemrograman Linear
  6. Persamaan Beda Orde 1 linear dan nonlinear
  7. Persamaan Diferensial Orde 1 linear dan nonlinear
  1. Sets and Enumeration
  2. Opportunities
  3. Random variable
  4. Linear Equation Systems and Matrices
  5. Linear Programming
  6. Linear and nonlinear 1st order difference equations
  7. Linear and nonlinear 1st order differential equations
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
  1. mengkaji dan menjelaskan fenomena perubahan dalam dunia bisnis konsep-konsep dasar matematika seperti sistem persamaan linear, persamaan beda, matriks, serta konsep kebolehjadian.
  2. menggunakan teorema-teorema dalam matematika untuk menjelaskan beberapa fenomena nyata dalam bidang bisnis.
  3. menyusun rangkaian argumen matematika, dalam berpendapat untuk meyakinkan orang lain, dalam lisan maupun berbagai penyajian seperti diagram, tabel, grafik, maupun tulisan, dalam bahasa sendiri termasuk memberi penafsiran dalam konteks matematika maupun di luar matematika.
  4. menggunakan matematika beserta pemanfaatan tekonologi sebagai alat bantu (jika diperlukan), untuk menganalisis dan menyelesaikan berbagai masalah, baik di dunia nyata maupun dalam bidang bisnis, untuk membangun sikap-sikap positif seperti kepercayaan diri, gigih, terbuka, dan lainnya.
  1. Examine and explain the phenomenon of change in the business world basic mathematical concepts such as systems of linear equations, difference equations, matrices, and the concept of probability.
  2. Use theorems in mathematics to explain some real phenomena in the business field.
  3. Constructing a series of mathematical arguments, in arguing to convince others, in oral and various presentations such as diagrams, tables, graphs, and writing, in one's own language including giving interpretations in the context of mathematics and outside mathematics.
  4. Use mathematics and the use of technology as a tool (if needed), to analyse and solve various problems, both in the real world and in business, to build positive attitudes such as confidence, perseverance, openness, and others.
Metode PembelajaranKombinasi ceramah dan diskusi, pembelajaran berbasis masalah, tugas mandiri, kuis rutin bersama, dan pembelajaran kooperatifA combination of lectures and discussions, problem-based learning, individual assignments, regular joint quizzes, and cooperative learning
Modalitas PembelajaranLuring/BauranOffline/Hybrid
Jenis NilaiABCDE
Metode PenilaianUTS, UAS, tugas dan kuis mandiri.UTS, UAS, assignments and individual quizzes.
Catatan Tambahan