Kode Mata KuliahMA2151 / 4 SKS
Penyelenggara101 - Matematika / FMIPA
KategoriKuliah
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahSimulasi dan Komputasi MatematikaSimulation and Computational Mathematics
Bahan Kajian
  1. Pengenalan sistem komputer, Dasar-dasar algoritma. Pengenalan bahasa pemrograman
  2. Instruksi Kondisional dan Instruksi Pengulangan
  3. Struktur data Array
  4. Pemrograman rekursif
  5. Algoritma Searching, Sorting, Merging
  6. Pengantar Sains komputasi
  7. Sistem dinamik: Pertumbuhan tidak terbatas, terbatas, dosis obat
  8. Gerak dan Gaya: Pemodelan gerak jatuh dan bungee jumping
  9. Sistem dinamik dengan interaksi: Kompetisi, Pemangsa-mangsa, penyebaran penyakit
  10. Galat Komputasi
  11. Teknik Simulasi: Metode Euler dan Runge Kutta
  12. Pemodelan berdasarkan data
  13. Simulasi berdasarkan sifat random: monte carlo, random walk
  14. Simulasi Selular Automata: difusi, penyebaran api, pergerakan semut, pertumbuhan biofilm
  15. Pemodelan berdasarkan agen
  1. Introduction to computer systems, Basics of algorithms. Introduction to programming languages
  2. Conditional Instructions and Repetition Instructions
  3. Array data structure
  4. Recursive programming
  5. Searching, Sorting, Merging Algorithms
  6. Introduction to Computational Science
  7. Dynamic systems: Unlimited, limited growth, drug dose
  8. Motion and Force: Modeling the motion of falling and bungee jumping
  9. Dynamic systems with interactions: Competition, Predator-prey, spread of disease
  10. Computational Error
  11. Simulation Techniques: Euler Method and Runge Kutta
  12. Data-driven modeling
  13. Simulation based on random properties: monte carlo, random walk
  14. Cellular Automata Simulation: diffusion, flame spread, ant movement, biofilm growth
  15. Agent-based modeling
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
  1. Mampu mengidentifikasi masalah-masalah yang dapat diselesaikan dengan menggunakan simulasi.
  2. Mampu berpikir algoritmik dalam memecahkan masalah dengan pemrograman.
  3. Mampu menggunakan bahasa pemrograman tingkat tinggi.
  4. Mampu menjelaskan beberapa contoh model dan simulasi
  5. Mampu bekerja dalam tim untuk menyelesaikan masalah nyata dalam pemrograman
  1. Identify problems that could be solved by using simulation
  2. Think algorithmically in solving problems by programming
  3. Utilize a high level programming language
  4. Explain several examples of models and simulation.
  5. Capability to work on a team to solve real problems with programming
Metode PembelajaranDiskusi Kelompok , Studi kasus, pembelajaran berbasis proyek Pembelajaran kolaboratifGroup discussion , Case study, project-based learning Collaborative learning,
Modalitas PembelajaranLuring/Daring/Bauran ,Sinkron, Mandiri/KelompokOffline/Online/hybrid , Synchonous, Independent/Group
Jenis NilaiABCDE
Metode PenilaianUjian, Tugas, PraktikumExams, Assignments, Practicum
Catatan Tambahan