Kode Mata Kuliah | MA2231 / 4 SKS |
---|
Penyelenggara | 101 - Matematika / FMIPA |
---|
Kategori | Kuliah |
---|
| Bahasa Indonesia | English |
---|
Nama Mata Kuliah | Kalkulus Peubah Banyak | Multivariable Calculus |
---|
Bahan Kajian | - Kurva dan permukaan
- Fungsi peubah banyak
- Fungsi bernilai vektor
- Integral lipat
- Integral garis dan integral permukaan
- Teorema Integral
| - Curves and surfaces
- Multivariable function
- Vector-valued function
- Integral fold
- Line integrals and surface integrals
- Integral Theorem
|
---|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Mengevaluasi dan menjelaskan kesamaan dan perbedaan perilaku fungsi linear dan tak linear dari daerah di R^n ke R^m
- Memanfaatkan sifat-sifat kalkulus peubah banyak (khususnya turunan parsial dan integral) pada fenomena nyata dan kontemporer, seperti machine learning.
- Menggali sifat-sifat geometri dari kurva dan permukaan.
- Menyusun argumentasi dan bukti untuk meyakinkan kebenaran suatu pernyataan.
- Kesiapan untuk belajar lebih jauh di bidang yang memerlukan pengetahuan tentang kalkulus peubah banyak
- Membangun pengetahuan matematika, keterampilan dan sikap untuk mempelajari konsep yang lebih lanjut
| - Evaluate and explain similarities and differences in the behaviour of linear and non-linear functions from regions in R^n to R^m
- Utilise the properties of multivariable calculus (especially partial derivatives and integrals) on real and contemporary phenomena, such as machine learning.
- Exploring geometric properties of curves and surfaces.
- Develop arguments and evidence to convince the truth of a statement.
- Readiness to study further in fields that require knowledge of multivariable calculus
- Build mathematical knowledge, skills and attitudes to learn more advanced concepts
|
---|
Metode Pembelajaran | Kombinasi ceramah dan diskusi, pembelajaran berbasis masalah, tugas mandiri, kuis bersama | Combination of lectures and discussions, problem-based learning, independent assignments, quizzes |
---|
Modalitas Pembelajaran | Bauran Sinkorn dan asinkron; Mandiri | Hybrid Synchronous and asynchronous;
Independent |
---|
Jenis Nilai | ABCDE |
---|
Metode Penilaian | Indeks nilai ditentukan berdasarkan persentase nilai yang diperoleh. Setiap pengajar memiliki kewenangan untuk menentukan batas bawah untuk setiap indeks. Namun batas bawah untuk indeks A, B, dan C tidak boleh kurang dari 80%, 65%, dan 50%. Mahasiswa dipandang kompeten jika mendapatkan sedikitnya indeks C. Penilaian harus didasarkan pada sedikitnya dua komponen, dan setiap pengajar memiliki kewenangan untuk menentukan bobot dari masing-masing komponen. Namun bobot ujian tidak boleh melebih 90% dan bobot tugas tidak boleh melebihi 25%. Komponen penilaian dapat berupa ujian, diskusi kelompok, praktikum, dan proyek. | Grades will be assigned based on the percentage of points earned. Each instructor has flexibility in determining the exact cut‐off point for each grade. However the initial cut‐off points for grades A, B, and C should not be less than 80%,65%, and 50%, respectively. Students are considered to be competent if he or she gets at least C. Grades are based on at least two components, and each instructor also has some flexibility in determining the weight of each component. However, the weight of examinations component is at most 90% and total weight of assignments component is at most 25%. Assessments include group discussions, exams, labworks, and projects. |
---|
Catatan Tambahan | | |
---|