Kode Mata KuliahDI3004 / 3 SKS
Penyelenggara173 - Desain Interior / FSRD
KategoriKuliah
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahTinjauan Interior TradisionalReview of Traditional Interior Design
Bahan Kajian
  1. Rumah Tinggal Tradisional Indonesia
  2. Rumah Tinggal Sunda
  3. Rumah Tinggal Tradisional Minangkabau
  4. Rumah Tinggal Tradisional Jawa
  5. Desain Modern dengan nilai-nilai lokal
  1. Traditional Indonesian Homes
  2. Sundanese Homes
  3. Traditional Minangkabau Homes
  4. Traditional Javanese Homes
  5. Modern Design with Local Values
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
  1. Memahami pengetahuan, prinsip dan keterampilan desain interior
  2. Memahami dasar-dasar pengetahuan dan wawasan yang bersifat kelokalan yang menunjang desain interior dan mendukung kinerja desain interior
  3. Memahami dasar-dasar kesejarahan dan wawasan seni rupa, desain, teknik, material dan budaya yang menunjang keilmuan desain interior
  4. Mampu mengoordinasikan berbagai pengetahuan yang bersifat kelokalan dalam menyelesaikan tugas-tugas desain interior
  5. Menjelaskan pengetahuan, prinsip dan keterampilan desain interior
  6. Mampu menyampaikan ide dan gagasan desain dalam bentuk lisan, tulisan dan dokumen gambar kerja secara komunikatif dan informatif
  7. Mampu membuat sketsa manual berdasarkan ide yang dihasilkan
  8. Mampu menggunakan tools dan software digital untuk menghasilkan visualisasi ide desain
  9. Mampu menyampaikan ide dan gagasan secara lisan
  10. Mampu membuat sketsa manual berdasarkan ide yang dihasilkan
  11. Mampu menyampaikan ide dan gagasan desain dalam bentuk lisan, tulisan dan dokumen gambar kerja secara komunikatif dan informatif
  1. Understand the knowledge, principles, and skills of interior design
  2. Understand the basic knowledge and insights of a local nature that support interior design and interior design performance
  3. Understand the historical fundamentals and insights of fine art, design, engineering, materials, and culture that support interior design science
  4. Able to coordinate various local knowledge in completing interior design tasks.
  5. Able to coordinate various local knowledge in completing interior design tasks.
  6. Able to convey design ideas and concepts verbally, in writing, and in working drawings in a communicative and informative manner.
  7. Able to create manual sketches based on generated ideas.
  8. Able to use digital tools and software to produce visualizations of design ideas.
  9. Able to convey ideas and concepts verbally.
  10. Able to create manual sketches based on generated ideas.
  11. Able to convey design ideas and concepts verbally, in writing, and as working drawings in a communicative and informative manner.
Metode PembelajaranPendidikan Berpusat pada Pembelajar (LCE), Pendidikan Berbasis Hasil (OBE), Pembelajaran KolaboratifLearners Centered Education (LCE), Outcome Based Education (OBE), Collaborative Learning
Modalitas Pembelajaranvisual, auditori, kinestetikVisual, auditory, and kinesthetic
Jenis NilaiABCDE
Metode PenilaianTugas Kelompok, UTS, UASGroup Assignments, Mid-Term Exams, Final Exams
Catatan TambahanMelalui mata kuliah ini diharapkan mahasiswa memahami keragaman potensi nilai-nilai tradisional Nusantara yang dimiliki bangsa Indonesia yang terkandung pada bangunan tradisionalnya. Dengan pengetahuan yang dimiliki ini mahasiswa diharapkan dapat menarik pelajaran (lesson learnt) dari aspek-aspek yang didiskusikan dan menerapkannya pada praktika desain kontemporer. Didalam proses perkuliahan akan dibahas bebrpa jenis bangunan tradisional menyangkut sosial kultural masyarakat pendukungnya, aspek-aspek geografis dan konteks alam serta budaya. Melalui perkuliahan yang mencakup survey lapangan, studi literatur dan diskusi diharapkan tujuan perkulahan dapat tercapai.This course aims to develop students' understanding of the diverse potential of traditional Indonesian values, embodied in traditional buildings. With this knowledge, students are expected to draw lessons from the discussed aspects and apply them to contemporary design practice. The course will discuss several types of traditional buildings, including the socio-cultural context of their supporting communities, geographical aspects, and the natural and cultural context. Lectures, which include field surveys, literature studies, and discussions, are expected to achieve these objectives.