| Kode Mata Kuliah | WI1103 / 2 SKS |
|---|
| Penyelenggara | 179 - Mata Kuliah Umum (MKU) / NONFS |
|---|
| Kategori | Kuliah |
|---|
| Bahasa Indonesia | English |
|---|
| Nama Mata Kuliah | Pengantar Prinsip Keberlanjutan | Introduction to Principles of Sustainability |
|---|
| Bahan Kajian | - Paradigma relasi kehidupan manusia – bumi, filosofi etika bumi, dampak perilaku manusia terhadap bumi
- Konsep penghidupan di Belahan Bumi Selatan dan Kebersamaan (the Common ground)
- Pengenalan Konsep SDG dan Dampak Perubahan Iklim
- Konsep Pemikiran Interrelasi antara dimensi Lingkungan, Ekonomi, sosial sebagai kesatuan (nexxus based)
- Re-interpretasi Konsep Keberlanjutan di setiap F/S
- Praktek Intepretasi dan mengasah sensitifitas prinsip keberlanjutan menggunakan studi kasus lokal
|
|
|---|
| Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Mahasiswa mampu memahami mengenai konsep keberlanjutan dengan perspektif holistik dan/atau
filosofis yang mengintegrasikan pertimbangan etika lingkungan/bumi, pendekatan interdisiplin dan refleksi pribadi;
- Mahasiswa mampu memahami ketidakpastian dan ambiguitas dalam mengenali isu sustainability
(keberlanjutan), namun mengembangkan pemikiran antisipatif dalam menjalankannya;
- Mahasiswa mampu menjelaskan hubungan antara konsep-konsep lingkungan terbangun/ infrastruktur/
teknologi dengan sistem alamiah/lingkungan terwujudkan sebagai keterkaitan atau nexus
- Mahasiswa mampu menjelaskan tantangan pembangunan di belahan bumi selatan dalam menerapkan konsep keberlanjutan, terutama melalui tujuan pembangunan berkelanjutan
- Mahasiswa dapat mengidentifikasi isu keberlanjutan dan menawarkan alternatif pandangan yang relevan dalam konteks lokal
- Mahasiswa mampu bekerja sama dalam tim, terutama antar disiplin untuk menjabarkan konteks dimana
isu keberlanjutan dipahami
- Mahasiswa mampu untuk mengkomunikasikan hasil pemikirannya dalam bentuk media populer
- Mahasiswa mampu untuk menerapkan etika terkait keberlanjutan saat terlibat dalam pengambilan
keputusan
|
|
|---|
| Metode Pembelajaran | Ceramah, diskusi kelas, diskusi kelompok, simulasi sederhana | |
|---|
| Modalitas Pembelajaran | Bauran antara sinkron dan asinkron serta daring dan luring, pembelajaran berbasis problem, kerja bersama
(team work) | |
|---|
| Jenis Nilai | ABCDE |
|---|
| Metode Penilaian | kuis, UTS, Tugas besar kelompok | |
|---|
| Catatan Tambahan | | |
|---|