Kode Mata KuliahBI2107 / 3 SKS
Penyelenggara106 - Biologi / SITH
KategoriKuliah
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahStruktur dan Perkembangan TumbuhanPlant Structure and Development
Bahan Kajian
  1. Siklus hidup tumbuhan
  2. Organisasi tumbuhan, pergiliran generasi
  3. Struktur dan fungsi sel
  4. Jaringan dasar, dermal dan jaringan pembuluh
  5. Struktur dan perkembangan organ akar, batang dan daun
  6. Modifikasi organ
  7. Pola arsitektur tumbuhan
  8. Sistem dan proses reproduksi – reproduksi seksual dan aseksual
  9. Sistem dan proses reproduksi – reproduksi seksual dan aseksual
    Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
    1. Mendeskripsikan struktur, pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan, seperti interpretasi struktur dan anatomi tumbuhan. (CPL 01)
    2. Mengenal dan mendeskripsikan berbagai tipe sel dan jaringan tumbuhan. (CPL 01)
    3. Mengenal pola pembentukan jarngan sebagai hasil dari aktivitas meristem, siklus hidup tumbuhan, dan respon terhadap lingkungan. (CPL 01)
    4. Memahami sistem reproduksi tumbuhan, organ reproduktif dan aplikasinya. (CPL 01)
    5. Mencari dan mengaitkan informasi dari jurnal ilmiah yang berhubungan dengan struktur, fungsi, dan perkembangan tumbuhan. (CPL 07, CPL 08)
    6. Mengembangkan kemampuan komunikasi melalui tugas menulis dan presentasi paper. (CPL 07, CPL 08)
    7. Menganalisis pengaruh lingkungan (fisika, kimia, biologi) pada perubahan pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan. (CPL 13)
    8. Menerapkan kemampuan berpikir kritis dan menerangkan isu mengenai perkembangan tumbuhan. (CPL 13)
      Metode PembelajaranKuliah tatap muka, diskusi, presentasi/studi kasus
      Modalitas PembelajaranMenggabungkan berbagai moda penyerapan: 1. Visual melalui penyediaan slide dengan visualisasi, gambar, diagram, dsb. 2. Auditorial melalui penyampaian materi, tanya jawab, dan diskusi 3. Kinestetik melalui partisipasi aktif di dalam kelas berupa presentasi dan diskusi
      Jenis NilaiABCDE
      Metode PenilaianDilakukan secara terpadu untuk menilai: 1. Aspek pengetahuan melalui tes tulis berupa kuis, UTS, UAS, dan tugas mandiri/kelompok. 2. Aspek keterampilan melalui presentasi (rubrik) 3. Aspek sikap melalui keaktifan, kejujuran/plagiarisme, dan kreativitas
      Catatan Tambahan