Kode Mata KuliahBI3106 / 3 SKS
Penyelenggara106 - Biologi / SITH
KategoriKuliah
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahAnatomi MikroskopikMicroscopic Anatomy
Bahan Kajian
  1. Pengantar Anatomi Mikroskopik
  2. Gambaran Umum Struktur Sel
  3. Jaringan Dasar Hewan (1)
  4. Jaringan Dassar Hewan (2)
  5. Eksplorasi Histologi Sistem Integumen
  6. Eksplorasi Histologi Sistem Rangka
  7. Eksplorasi Histologi Sistem Saraf
  8. Eksplorasi Histologi Sistem Kardiovasular
  9. Eksplorasi Histologi Sistem Pernapasan
  10. Eksplorasi Histologi Sistem Pencernaan
  11. Eksplorasi Histologi Sistem Urinaria
  12. Eksporasi Histologi Sistem Reproduksi
  13. Pengenalan Histopatologi
  14. Histopatologi Beberapa Sistem Organ
    Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
    1. Pemahaman Konsep Teoritis: Mahasiswa dapat menjelaskan konsep dan teori biologi terkait fokus studinya dengan detail dan akurat. (CPL 01)
    2. Literasi Digital: Mahasiswa dapat menggunakan alat digital dan sumber daya online untuk mengakses, mengelola, dan menyajikan informasi biologi secara efektif. (CPL 01)
    3. Pemikiran Logis: Mahasiswa mampu menggunakan logika dan penalaran yang kuat dalam menguraikan masalah-masalah keilmuan biologi. (CPL 04)
    4. Pemikiran Kritis: Mahasiswa mampu menilai kekuatan dan kelemahan argumen ilmiah, baik dalam karya sendiri maupun orang lain, termasuk evaluasi metodologi, kesimpulan, dan relevansi data. (CPL 04)
    5. Pemikiran Sistematis: Mahasiswa dapat menganalisis dan menyusun komponen atau proses biologi menjadi sebuah sistem yang terorganisir untuk pemahaman yang lebih baik. (CPL 04)
    6. Pemikiran Kreatif: Mahasiswa menunjukkan kemampuan untuk menghasilkan solusi atau gagasan inovatif dalam penelitian atau studi kasus biologi. (CPL 04)
    7. Adaptasi dengan Perubahan dan Penerapan Ilmu Terkini: Mahasiswa terus memperbarui atau menerapkan pengetahuan terkini di bidang biologi dan teknologi khususnya yang terkait dengan fokus studinya. (CPL 05)
    8. Inisiatif Belajar: Mahasiswa menunjukkan inisiatif yang tinggi dalam mencari sumber belajar baru, antusias dalam berdiskusi dan membahas pengetahuan terkini dalam bidang biologi. (CPL 05)
    9. Kemampuan Komunikasi Lisan: Mahasiswa mampu menyampaikan ide dan informasi dengan jelas dan efektif dalam berbagai konteks, termasuk presentasi dan diskusi dengan menggunakan alat bantu visual dan teknologi presentasi secara efektif. (CPL 06)
    10. Kemampuan Komunikasi Tulis: Mahasiswa mampu menulis laporan, makalah, dan dokumen lain dengan struktur yang baik dan gaya bahasa yang tepat untuk menyampaikan informasi secara efektif kepada audiens yang dituju. (CPL 06)
    11. Pembaruan Pengetahuan Terus-menerus: mampu secara aktif memperbarui pengetahuan mereka dengan mengikuti perkembangan terbaru dalam ilmu pengetahuan dan teknologi yang relevan dengan disiplin mereka. (CPL 07)
    12. Responsif terhadap Tren Baru: mampu untuk cepat menanggapi dan mengintegrasikan tren baru dalam ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya yang terkait dengan fokus studinya. (CPL 07)
    13. Proaktif dalam Belajar dan Inovasi: Mampu menunjukkan inisiatif proaktif dalam belajar dan bereksperimen dengan ide-ide dan teknologi baru dalam bidang biologi. (CPL 07)
      Metode PembelajaranBersifat terstruktur dan terfasilitasi (Web Enhanced). Pembelajaran berbasis teknologi jejaring, digunakan untuk memperkuat fasilitasi pembelajaran tatap muka. Contoh: penggunaan webpage untuk meletakkan RPS, materi, dan tugas. Bersifat mandiri, terstruktur, dan bauran (Blend). Kombinasi pembelajaran daring dan tatap muka. Proporsi penyampaian materi dan proses pembelajaran termasuk asesmen dilaksanakan secara daring dan tatap muka secara sistematis berorientasi pada capaian pembelajaran.
      Modalitas PembelajaranMenggabungkan berbagai moda penyerapan: 1. Visual melalui penyediaan slide dengan visualisasi, gambar, diagram, dsb. 2. Auditorial melalui penyampaian materi, tanya jawab, dan diskusi 3. Kinestetik melalui partisipasi aktif di dalam kelas berupa presentasi dan diskusi
      Jenis NilaiABCDE
      Metode PenilaianDilakukan secara terpadu untuk menilai: 1. Aspek pengetahuan melalui tes tulis berupa kuis, UTS, UAS, dan tugas mandiri/kelompok. 2. Aspek keterampilan melalui presentasi (rubrik) 3. Aspek sikap melalui keaktifan, kejujuran/plagiarisme, dan kreativitas
      Catatan Tambahan