| Kode Mata Kuliah | MT4122 / 3 SKS |
|---|
| Penyelenggara | 137 - Materials Engineering / FTMD |
|---|
| Kategori | Lecture |
|---|
| Bahasa Indonesia | English |
|---|
| Nama Mata Kuliah | Material untuk Tulang dan Gigi | Material for Bone and Teeth |
|---|
| Bahan Kajian | - Pengenalan Biomaterial untuk Aplikasi Tulang dan Gigi
- Struktur Komposit tulang
- Klasifikasi Implan Tulang dan Sifat-Sifatnya
- Biomaterial untuk Perbaikan Tulang dan Regenerasi Tulang
- Struktur dan Sifat Gigi: Email dan Dentin
- Klasifikasi dan Sifat-Sifat Material untuk Gigi: Material Preventif dan Restoratif
- Klasifikasi dan Sifat-Sifat Material untuk Gigi: Klasifikasi Material untuk Gigi
- Klasifikasi dan Sifat-Sifat Material untuk Gigi: Struktur dan Adhesi
- Klasifikasi dan Sifat-Sifat Material untuk Gigi: Sifat Fisika dan Kimia Material untuk Gigi
- Klasifikasi dan Sifat-Sifat Material untuk Gigi: Biokompatibilitas
- Material Restoratif Langsung (Direct Restorative Materials): Ikatan dan Agen Pengikat, Resin Komposit Gigi, dan Semen Gigi
- Material Restoratif Tidak Langsung (Indirect Restorative Materials): Keramik Dental, Logam dan Paduan Logam, Prostesa Berbasis Polimer dan Resin, dan Implan Gigi
|
|
|---|
| Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Menerapkan pengetahuan kerekayasaan material untuk mengidentifikasi permasalahan yang berkaitan dengan material untuk tulang dan gigi yang kompleks.
- Mampu menganalisis data untuk menarik kesimpulan dengan menggunakan prinsip rekayasa material.
- Mampu menerapkan desain material untuk tulang dan gigi dengan mempertimbangkan aspek keselamatan, dan kesejahteraan, serta faktor global, budaya, sosial, lingkungan, dan ekonomi.
- Mampu bekerja dalam tim untuk merumuskan tujuan, dan merencanakan tugas dalam rangka mencapai tujuan bersama.
|
|
|---|
| Metode Pembelajaran | Tatap muka dan diskusi kelompok | |
|---|
| Modalitas Pembelajaran | Luring, mandiri, dan kelompok | |
|---|
| Jenis Nilai | ABCDE |
|---|
| Metode Penilaian | Tugas, UTS, dan UAS | |
|---|
| Catatan Tambahan | | |
|---|