Kode Mata Kuliah | SP5105 / 3 SKS |
---|
Penyelenggara | 240 - Studi Pembangunan / SAPPK |
---|
Kategori | Kuliah |
---|
| Bahasa Indonesia | English |
---|
Nama Mata Kuliah | Teknologi dan Transformasi Sosial | Technology and Social Transformation |
---|
Bahan Kajian | - Technological society sebagai human-built world
- Determinisme teknologi dan determinisme sosial
- Cara-cara bagaimana teknologi menstrukturkan interaksi sosial, dan membentuk kepranataan sosial
- Unsur-unsur sosial membentuk perkembangan teknologi
- Prinsip demokrasi dan human freedom dalam pemilihan, pengembangan dan pemanfaatan teknologi, serta implikasi hal ini dalam praxis pembangunan
| - Technological society as a human-built world
- Technological determinism and social determinism
- The ways in which technology structures social interactions, and shapes social institutions
- Social elements shape technological development
- The principles of democracy and human freedom in the selection, development and use of technology, as well as the implications of this in development praxis
|
---|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Memahami technological society sebagai human-built world
- Memahami kritik atas determinisme teknologi dan determinisme sosial
- Memahami cara-cara bagaimana teknologi menstrukturkan interaksi sosial, dan membentuk kepranataan sosial
- Memahami cara-cara bagaimana unsur-unsur sosial membentuk perkembangan teknologi
- Memahami relevansi prinsip demokrasi dan human freedom dalam pemilihan, pengembangan dan pemanfaatan teknologi, serta implikasi hal ini dalam praxis pembangunan
| - Understanding technological society as a human-built world
- Understand the critique of technological determinism and social determinism
- Understand the ways in which technology structures social interactions, and shapes social institutions
- Understand the ways in which social elements shape technological development
- Understand the relevance of the principles of democracy and human freedom in the selection, development and use of technology, as well as the implications of this in development praxis
|
---|
Metode Pembelajaran | Penyajian materi kuliah, diskusi/perdebatan, studi kasus, sintesis kelompok | |
---|
Modalitas Pembelajaran | Akuisisi pengetahuan terstruktur, berpikir independen/kritis, pembelajaran berbasis masalah, berpikir sistem/kompleksitas | |
---|
Jenis Nilai | ABCDE |
---|
Metode Penilaian | Penilaian penguasaan materi, penilaian karya tulis ilmiah, penilaian presentasi | |
---|
Catatan Tambahan | | |
---|