Kode Mata KuliahSP5201 / 3 SKS
Penyelenggara240 - Studi Pembangunan / SAPPK
KategoriKuliah
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahTata Kelola Publik dan DemokrasiPublic Governance and Democracy
Bahan Kajian
  1. Peran kekuasaan, hubungan kekuasaan, politik, dan tata kelola dalam pembangunan.
  2. Perdebatan kontemporer tentang mengelola dan mengatur pembangunan zaman modern, yang terletak dalam masyarakat yang semakin terpecah belah, ekonomi global, dan perubahan lingkungan yang tidak terduga
  3. Diskusi mengenai hubungan antara demokrasi, keadilan dan kesejahteraan, serta implikasinya dalam tatakelola pembangunan
  4. Model institusional untuk mengembangkan dan mengelola pembangunan yang berkembang pesat di negara-negara berkembang dan transisi.
  1. The role of power, power relations, politics, and governance in development.
  2. Contemporary debates about managing and governing modern-day development, situated in increasingly fragmented societies, global economies, and unpredictable environmental change
  3. Discussion of the relationship between democracy, justice and prosperity, as well as its implications in development governance
  4. Institutional models for developing and managing rapidly evolving development in developing and transition countries.
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
  1. Mahasiswa mengilustrasikan peran kekuasaan, hubungan kekuasaan, politik, dan tata kelola dalam pembangunan.
  2. Mahasiswa menganalisis dan mengstrukturkan perdebatan kontemporer tentang mengelola dan mengatur pembangunan zaman modern, yang terletak dalam masyarakat yang semakin terpecah belah, ekonomi global, dan perubahan lingkungan yang tidak terduga
  3. Mahsiswa menganalisis hubungan antara demokrasi, keadilan dan kesejahteraan, serta implikasinya dalam tatakelola pembangunan
  4. Mahasiswa mengusulkan model institusional untuk mengembangkan dan mengelola pembangunan yang berkembang pesat di negara-negara berkembang dan transisi.
  1. Students illustrate the role of power, power relations, politics, and governance in development.
  2. Students analyze and structure contemporary debates about managing and governing modern-day development, situated in increasingly fragmented societies, global economies, and unpredictable environmental change
  3. Students analyze the relationship between democracy, justice and prosperity, as well as their implications in development governance
  4. Students propose institutional models for developing and managing rapidly expanding development in developing and transition countries.
Metode PembelajaranLecture, Seminar, Debating, Role Playing
Modalitas PembelajaranMetode Penyerapan: • Visual: Dosen menampilkan slide (40%) • Auditorial: Dosen memberikan ceramah (40%) • Kinetik: Mahasiswa melaksanakan diskusi tanya-jawab dan presentasi (20%) Metode Pelaksanaan: • Sinkron: Kuliah, diskusi, dan presentasi kelas (50%) • Asinkron: Tugas kuliah, Bacaan mandiri (50%)
Jenis NilaiABCDE
Metode PenilaianTugas 1 Presentasi Kuliah 20%, Tugas 2 Presentasi studi kasus 30%, Ujian Tengah Semester 20%, Ujian Akhir Semester 30%
Catatan Tambahan