Kode Mata KuliahSP6011 / 3 SKS
Penyelenggara240 - Studi Pembangunan / SAPPK
KategoriKuliah
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahTeori dan Metode untuk Kajian SosioteknisTheory and Method for Sociotechnical Studies
Bahan Kajian
  1. Teori dan Etika dari suatu permasalahan pembangunan
  2. Prinsip-prinsip teori dasar sosioteknis dan jejaring aktor
  3. Prinsip-prinsip pemahaman sosial terkait simbol, penggunaan dalam cara yang membuat asumsi-asumsi tentang sifat dari apa yang dirakit
  4. Metode empiris sosioteknis
  1. Theory and Ethics of development problems
  2. Principles of basic sociotechnical theory and actor networks
  3. The principles of social understanding concern symbols, their use in ways that make assumptions about the nature of what is assembled
  4. Sociotechnology empirical methods
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
  1. Memahami dimensi sosio-teknis dari masalah pembangunan
  2. Mampu menilai dan merumuskan masalah pembangunan berdasarkan kajian empiris
  3. Mampu menggunakan metode sosio-teknis untuk berinteraksi dan berdialog secara konstruktif dengan para pemangku kepentingan pembangunan
  4. Mampu menggunakan metode sosio-teknis untuk mendapatkan kesimpulan secara mandiri, berkaitan dengan masalah pembangunan
  1. Understand the socio-technical dimensions of development problems
  2. Able to assess and formulate development problems based on empirical studies
  3. Able to use socio-technical methods to interact and dialogue constructively with development stakeholders
  4. Able to use socio-technical methods to obtain conclusions independently, relating to development problems
Metode PembelajaranPenyajian materi kuliah, diskusi/perdebatan, studi kasus lapangan, analisis empiris dan sintesis
Modalitas PembelajaranAkuisisi pengetahuan terstruktur, berpikir independen/kritis, pembelajaran berbasis masalah, membuat kesimpulan berdasarkan temuan empiris
Jenis NilaiABCDE
Metode PenilaianPenilaian penguasaan materi, penilaian karya tulis ilmiah, penilaian presentasi
Catatan Tambahan