Kode Mata KuliahSP6019 / 3 SKS
Penyelenggara240 - Studi Pembangunan / SAPPK
KategoriKuliah
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahProses Kebijakan PublikPublic Policy Process
Bahan Kajian
  1. Teori-teori dalam memahami proses kebijakan publik
  2. Peran institusi, aktor, dan kepentingan dalam proses kebijakan publik
  3. Rangkaian tahapan dalam siklus kebijakan termasuk agenda-setting, formulai kebijakan, implementasi, dan evaluasi
  4. Analisis proses kebijakan publik
  1. Theories in understanding the public policy process
  2. The role of institutions, actors, and interests in the public policy process
  3. The series of stages in the policy cycle include agenda-setting, policy formulation, implementation, and evaluation
  4. Analysis of the public policy process
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
  1. Mampu menjelaskan teori-teori kunci dalam memahami proses kebijakan publik
  2. Mampu menentukan peran institusi, aktor, dan kepentingan dalam proses kebijakan publik
  3. Mampu mengevaluasi rangkaian tahapan dalam siklus kebijakan termasuk agenda-setting, formula kebijakan, implementasi, dan evaluasi
  4. Mampu menuliskan hasil analisis kritis proses kebijakan publik dengan menggunakan pengetahuan teoritik yang telah dipelajari
  1. Able to explain key theories in understanding the public policy process
  2. Able to determine the role of institutions, actors and interests in the public policy process
  3. Able to evaluate a series of stages in the policy cycle including agenda-setting, policy formula, implementation, and evaluation
  4. Able to write the results of critical analysis of the public policy process using the theoretical knowledge that has been learned
Metode PembelajaranKuliah, Diskusi, Presentasi
Modalitas PembelajaranMetode Penyerapan: • Visual: Dosen menampilkan slide (20%) • Auditorial: Dosen memberikan ceramah (20%) • Kinetik: Mahasiswa melaksanakan diskusi tanya-jawab dan presentasi (60%) Metode Pelaksanaan: • Sinkron: Kuliah, diskusi, dan presentasi kelas (50%) • Asinkron: Tugas kuliah, Bacaan mandiri (50%)
Jenis NilaiABCDE
Metode Penilaian• Makalah respon (response paper) (30%) • Makalah final (40%) • Presentasi (10%) • Partisipasi kehadiran dan diskusi (20%)
Catatan Tambahan