Kode Mata KuliahAR6190 / 5 SKS
Penyelenggara252 - Arsitektur / SAPPK
KategoriTugas Akhir / Tesis / Disertasi
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahTesis Proyek IThesis by Project I
Bahan Kajian
  1. BK 2.1 Tata Ruang dan Bentuk: bentuk dan ruang yang kreatif, dan berkomunikasi dengan alat dan media yang tepat secara efektif.
  2. BK 2.2 Perencanaan Tapak dan Ruang Luar: menganalisis dan mengevaluasi lingkungan alam dan manusia dari tapak, memahami karakteristik kawasan, dan merencanakan ruang luar, tapak dan perencanaan tapak berdasarkan pemahaman perencanaan lanskap perkotaan.
  3. BK 2.3 Perancangan Keselamatan Jiwa: merancang dengan mempertimbangkan keselamatan dan evakuasi berdasarkan pemahaman komprehensif yang melindungi kehidupan manusia dan harta benda.
  4. BK 2.4 Bahan Bangunan dan Metode Komposisinya: merancang berdasarkan eksplorasi dan pemahaman tentang metode pemilihan dan komposisi bahan bangunan arsitektur.
  5. BK 2.5 Integrasi Sistem Bangunan dalam Desain: merancang dengan pemahaman tentang prinsip-prinsip sistem bangunan, mengintegrasikan elemen-elemen seperti struktur, sistem selubung, bahan, dan sistem mekanis dalam sebuah bangunan.
  1. BK 2.1 Space and Form: Creative form and space, and communicating effectively with appropriate tools and media.
  2. BK 2.2 Site and Outdoor Space Planning: the natural and human environment of the site, understanding the characteristics of the area, and planning outdoor space, site and site planning based on an understanding of urban landscape planning.
  3. BK 2.3 Life Safety Design: design with safety and evacuation in mind based on a comprehensive understanding that protects human life and property.
  4. BK 2.4 Building Materials and Composition Methods: design based on exploration and understanding of the selection and composition methods of architectural building materials.
  5. BK 2.5 Integration of Building Systems in Design: designing with an understanding of the principles of building systems, integrating elements such as structures, envelope systems, materials, and mechanical systems in a building.
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
  1. Memahami hubungan timbal balik antara arsitektur, ilmu pengetahuan, dan teknologi.
  2. Memahami hubungan arsitektur dengan seni dan iptek berdasarkan teori dan pengetahuan seni dan iptek.
  3. Memahami keragaman sejarah dan budaya arsitektur dunia. Memahami filosofi, prinsip arsitektur, dan tradisi budaya arsitektur Indonesia yang unik.
  4. Memahami faktor-faktor dan keterkaitan antara manusia, budaya, ekonomi dan kebijakan yang mempengaruhi arsitektur dan lingkungan perkotaan.
  5. Mampu mewujudkan bentuk dan ruang yang kreatif, dan berkomunikasi dengan alat dan media yang tepat secara efektif.
  6. Mampu menganalisis dan mengevaluasi lingkungan alam dan manusia dari tapak, memahami karakteristik kawasan, dan merencanakan ruang luar, tapak, dan perencanaan tapak berdasarkan pemahaman Perencanaan Lansekap Perkotaan.
  7. Mampu merancang dengan mempertimbangkan keselamatan dan evakuasi, berdasarkan pemahaman komprehensif yang melindungi kehidupan manusia dan harta benda.
  8. Mampu merancang berdasarkan eksplorasi dan pemahaman tentang metode pemilihan dan komposisi bahan bangunan arsitektur.
  9. Mampu merancang dengan pemahaman tentang prinsip-prinsip sistem bangunan, mengintegrasikan elemen-elemen seperti struktur, sistem selubung, bahan, dan sistem mekanis dalam sebuah bangunan.
  10. Mampu memahami prinsip-prinsip dasar perencanaan kota, perencanaan komunitas, dan rencana unit kawasan dalam melakukan perencanaan kota.
  11. Mampu merancang secara komprehensif yang berbasis penelitian untuk menghasilkan rancangan kreatif, yang mencakup identifikasi masalah dan solusi berdasarkan penyelidikan/analisis dan penelitian mendalam, serta menyajikan keseluruhan proses perancangan secara komprehensif dalam berbagai format seperti gambar, makalah, laporan, dan panel.
  12. Mampu mengidentifikasi masalah berdasarkan analisis atas data yang relevan dari preseden, teori, dan fenomena alam, dan meyusunnya dalam rancangan penelitian dan teknik-teknik pengumpulan data.
  13. Mampu mengevaluasi prinsip-prinsip dan mengadaptasi metode penelitian tentang berbagai sistem struktur.
  14. Mampu mengevaluasi prinsip-prinsip dan mengadaptasi metode penelitian tentang karakteristik termal, cahaya, akustik, kualitas udara dalam ruangan, dan manajemen energi, serta prinsip dasar dan metode penerapan sistem pengendalian lingkungan yang berkelanjutan.
  15. Mampu mengevaluasi prinsip-prinsip dan mengadaptasi metode penelitian tentang sistem utilitas bangunan yang meliputi mekanikal, elektrikal, komunikasi, keselamatan kebakaran, dan mitigasi bencana.
  16. Mampu mengevaluasi prinsip-prinsip dan mengadaptasi metode penelitian tentang Konstruksi Bangunan dan Manajemen Konstruksi.
  17. Mampu mengevaluasi prinsip-prinsip dan mengadaptasi metode penelitian tentang persyaratan sumber daya fisik, manusia, dan teknis, serta penganggaran yang diperlukan untuk konstruksi bangunan, dan berbagai metode pelaksanaan proyek, proses konstruksi, dan manajemen konstruksi Memahami prinsip-prinsip bangunan berkelanjutan untuk penerapan sumber daya alam dan buatan yang tepat.
  1. Understanding the reciprocal relationship between architecture, science, and technology.
  2. Understanding the relationship between architecture and arts and technology based on theories and knowledge of arts and technology.
  3. Understanding the diversity of world architectural history and culture. Understanding the philosophy, principles of architecture, and unique cultural traditions of Indonesian architecture.
  4. Understanding the factors and interconnections between humans, culture, economics, and policies that influence architecture and urban environments.
  5. Able to create creative forms and spaces and effectively communicate using appropriate tools and media.
  6. Able to analyze and evaluate natural and human environments of sites, understand area characteristics, and plan outdoor spaces, sites, and site planning based on an understanding of Urban Landscape Planning.
  7. Able to design considering safety and evacuation, based on comprehensive understanding that protects human lives and property.
  8. Able to design based on exploration and understanding of methods for selecting and composing architectural building materials.
  9. Able to design with an understanding of building system principles, integrating elements such as structure, envelope systems, materials, and mechanical systems within a building.
  10. Able to understand the basic principles of urban planning, community planning, and area unit planning in urban planning.
  11. Able to comprehensively design based on research to produce creative designs, which include problem identification and solutions based on in-depth investigation/analysis and research, and present the entire design process comprehensively in various formats such as drawings, papers, reports, and panels.
  12. Able to identify problems based on analysis of relevant data from precedents, theories, and natural phenomena, and organize them in research designs and data collection techniques.
  13. Able to evaluate principles and adapt research methods for various structural systems.
  14. Able to evaluate principles and adapt research methods for thermal characteristics, lighting, acoustics, indoor air quality, and energy management, as well as basic principles and methods for applying sustainable environmental control systems.
  15. Able to evaluate principles and adapt research methods for building utility systems including mechanical, electrical, communication, fire safety, and disaster mitigation.
  16. Able to evaluate principles and adapt research methods for building construction and construction management.
  17. Able to evaluate principles and adapt research methods for physical, human, and technical resource requirements, as well as the budget needed for building construction and various project implementation, construction processes, and construction management. Understanding the principles of sustainable building for the appropriate application of natural and artificial resources.
Metode PembelajaranCeramah/kuliah pakar Pengukuran dengan simulasi Pengukuran lapangan (hands-on) Tutorial DemonstrationExpert lecture Measurement with simulation Field measurement (hands-on) Tutorial Demonstration
Modalitas PembelajaranLuring (sinkron) dan daring (sinkron dan asinkron) Diskusi, asistensiOffline, In-person (synchronous) and online (synchronous and asynchronous) Discussion, assistance
Jenis NilaiABCDE
Metode PenilaianRubrikRubric
Catatan Tambahan