Kode Mata Kuliah | AR5214 / 3 SKS |
---|
Penyelenggara | 252 - Arsitektur / SAPPK |
---|
Kategori | Kuliah |
---|
| Bahasa Indonesia | English |
---|
Nama Mata Kuliah | Metode Desain Komputasional | Computational Design Methods |
---|
Bahan Kajian | - BK 1.1 Arsitektur, Seni dan Teknologi: hubungan arsitektur dengan seni, ilmu pengetahuan dan teknologi berdasarkan teori dan pengetahuan tentang seni, ilmu pengetahuan dan teknologi.
| - BK 1.1 Architecture, Art and Technology: architecture's relationship with art, science and technology based on theories and knowledge of art, science and technology.
|
---|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Memahami dan menerapkan prinsip desain parametrik dalam eksplorasi bentuk arsitektural menggunakan Rhinoceros dan Grasshopper.
- Mengembangkan desain generatif dengan pendekatan algoritmik dan eksplorasi iteratif untuk menghasilkan solusi desain inovatif.
- Mengintegrasikan data eksternal dan Machine Learning dalam proses desain berbasis komputasi untuk menghasilkan desain berbasis analisis dan optimasi.
| - Understanding and applying parametric design principles in architectural form exploration using Rhinoceros and Grasshopper.
- Developing generative design using an algorithmic approach and iterative exploration to produce innovative design solutions.
- Integrating external data and Machine Learning into the computational design process to generate analysis-based and optimized designs.
|
---|
Metode Pembelajaran | Metode Pembelajaran Kombinasi kuliah tatap muka (ceramah), diskusi dan praktikum komputer | Combination of face-to-face lectures (lectures), discussions, and computer workshops (computer labs). |
---|
Modalitas Pembelajaran | Luring/ tatap muka | Offline/face-to-face. |
---|
Jenis Nilai | ABCDE |
---|
Metode Penilaian | Tugas berupa studi kasus | Assignment in the form of a case study. |
---|
Catatan Tambahan | | |
---|