Kode Mata KuliahAR5215 / 3 SKS
Penyelenggara252 - Arsitektur / SAPPK
KategoriKuliah
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahPengguna dalam ArsitekturUsers in Architecture
Bahan Kajian
  1. BK 1.4 Arsitektur dan Masyarakat: faktor-faktor dan keterkaitan antara manusia, budaya, ekonomi dan kebijakan yang mempengaruhi arsitektur dan lingkungan perkotaan.
  1. BK 1.4 Architecture and Society: the factors and interrelationships between people, culture, economics and policy that influence architecture and the urban environment.
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
  1. Memahami keragaman dan karakteristik atribut pengguna bangunan, seperti usia, jenis kelamin, pendidikan, penghasilan/pengeluaran, kepribadian, kebiasaan, gaya hidup, kelebihan/keterbatasan afektif/kognitif dan fisik/biologis, kondisi kesehatan, dll dan hubungannya dengan perancangan arsitektur.
  2. Memahami persoalan-persoalan perancangan yang relevan dengan atribut pengguna bangunan.
  3. Memahami keragaman konsepsi dan aktivitas pengguna bangunan sesuai dengan tipologi atau fungsi bangunan.
  4. Mampu meneliti target-group fungsi bangunan tertentu atau merumuskan fungsi bangunan berdasarkan identifikasi karakteristik dari target-group.
  1. Understanding the diversity and characteristics of building user attributes, such as age, gender, education, income/expenditure, personality, habits, lifestyle, emotional/cognitive and physical/biological abilities or limitations, health conditions, etc., and their relationship to architectural design.
  2. Understanding design issues relevant to building user attributes.
  3. Understanding the diversity of concepts and activities of building users according to building typology or function.
  4. Able to research specific target groups for building functions or formulate building functions based on the identification of characteristics of the target group.
Metode PembelajaranCeramah/kuliah pakar Project-based learning (PjBL) TutorialExpert Lecture Project-Based Learning (PjBL) Tutorial
Modalitas PembelajaranLuring (sinkron) Daring (sinkron dan asinkron)Offline (synchronous) Online (synchronous and asynchronous)
Jenis NilaiABCDE
Metode PenilaianTugasAssignment
Catatan Tambahan