Kode Mata KuliahAR7003 / 3 SKS
Penyelenggara352 - Arsitektur / SAPPK
KategoriKuliah
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahPenelitian KualitatifQualitative Research
Bahan Kajian
  1. BK 1.1 Arsitektur, Seni dan Teknologi: hubungan arsitektur dan lingkungan binaan dengan seni dan iptek dalam pengembangan teori dan metodologi penelitian.
  2. BK 1.4 Arsitektur dan Masyarakat: faktor-faktor dan keterkaitan antara manusia, budaya, ekonomi dan kebijakan yang mempengaruhi arsitektur dan lingkungan perkotaan.
  1. BK 1.1 Architecture, Art, and Technology: The relationship between architecture and the built environment with art and science and technology in the development of theory and research methodology.
  2. BK 1.4 Architecture and Society: The factors and interrelationships between people, culture, economy, and policies that influence architecture and the urban environment.
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
  1. Mahasiswa dapat menjelaskan alasan, semangat dan motivasi penelitian kualitatif untuk bidang studi arsitektur, seni dan teknologi.
  2. Mahasiswa dapat menjelaskan karkater umum dari strategi analisis kualitatif seperti teknik penstrukturan data, pengkodean dan konseptualisasi haril peneltitan.
  3. Mahasiswa dapat menjelaskan langkah-langkah analisis kualitatif yang spesifik seperti: Interaksi simbolik, Fenomenologi, Interpretasi Hermeneutika, dan Prasangka, Realisme kritis dalam teori dan praktik, Grounded Theory, Penelitian Narasi, Analisis wacana kritis, dan Teori aktor-jaringan sebagai pendekatan analitis.
  4. Mahasiswa dapat menyajikan karya tertulis hasil dari kajian kritis tentang satu strategi analisis kualitatif untuk bidang studi arsitektur, seni dan teknologi.
  1. Students can explain the reasons, enthusiasm, and motivation for qualitative research in the fields of architecture, art, and technology.
  2. Students can explain the general characteristics of qualitative analysis strategies such as data structuring techniques, coding, and conceptualization of research findings.
  3. Students can explain specific steps in qualitative analysis such as: Symbolic Interactionism, Phenomenology, Hermeneutic Interpretation and Prejudice, Critical Realism in theory and practice, Grounded Theory, Narrative Research, Critical Discourse Analysis, and Actor-Network Theory as an analytical approach.
  4. Students can present written work resulting from a critical study of one qualitative analysis strategy in the fields of architecture, art, and technology.
Metode PembelajaranCeramah/ kuliah Tatap Muka Diskusi Kelompok Pembelajaran Berbasis Proyek / Project-Based Learning (PjBL)Lecture/Face-to-Face Class Group Discussion Project-Based Learning (PjBL)
Modalitas PembelajaranVisual Auditorial (tatap muka di kelas) Sinkronous (presentasi dan diskusi di kelas) Asinkronous (belajar dari rekaman hasil presentasi)Visual Auditory (face-to-face in class) Synchronous (presentations and discussions in class) Asynchronous (learning from recorded presentations)
Jenis NilaiABCDE
Metode PenilaianPresentasi Mingguan Mahasiswa –Ujian Tengah Semester (UTS) Karya Ilmiah Tentang Metodologi yang khusus –sebagai nilai Ujian Akhir Semester (UAS)Weekly Student Presentations – Midterm Exam Scientific Paper on Specific Methodology – Final Exam
Catatan Tambahan