Kode Mata KuliahBW2102 / 3 SKS
Penyelenggara115 - Rekayasa Kehutanan / SITH
KategoriKuliah
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahTaksonomi Hewan dan Tumbuhan (P)Animal and Plant Taxonomy (P)
Bahan Kajian
  1. Sejarah taksonomi modern; konsep-konsep dalam taksonomi; klasifikasi; nomenklatur; relevansi taksonomi hewan dan tumbuha dalam konteks rekayasa kehutanan
  2. Biogeografi : zoogeografi dan fitogeografi; flora dan fauna hutan Indonesia dan wilayah tropika dunia
  3. Karakter morfologis sebagai dasar pengenalan hewan dan tumbuhan hutan; Metode identifikasi hewan dan tumbuhan; Herbarium dan museum zoologi
  4. Pengenalan hewan dan tumbuhan (khususnya hutan tropika)
  1. History of modern taxonomy, principles in taxonomy: classification, nomenclature; relevance of animal and plant taxonomy in the context of forestry engineering.
  2. Biogeography: zoogeography and phytogeography; flora and fauna of Indonesian (and tropical)
  3. Taxonomic characters as a basis for recognizing forest animals and plants; animal and plant identification and determination methods; herbarium and zoological museums
  4. Introduction to tropical forest animal and plant families and examples of their species
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
  1. Mampu menerapkan ilmu kehutanan dan rekayasa  untuk mendapatkan pemahaman komprehensif tentang taksonomi hewan dan tumbuhan dalam konteks rekayasa kehutanan
  2. Mampu mengidentifikasi dan merumuskan permasalahan dan tujuan yang ingin dicapai pada konteks taksonomi hewan dan tumbuhan dengan menggunakan metode yang sesuai.
  3. Mampu menganalisis data dan informasi, menemukan solusi permasalahan dan menemukan metode baru dalam konteks taksonomi hewan dan tumbuhan untuk mendukung rekayasa hutan.
  4. Mampu merencanakan dan menyiapkan bahan presentasi yang efektif dan menarik dengan menggunakan berbagai media pendukung.
  5. Mampu melaksanakan presentasi secara oral dan atau tulisan yang sistematis dan mudah dipahami dan menjawab pertanyaan secara efektif  dalam diskusi.
  1. Able to apply forestry science and engineering to gain a comprehensive understanding of animal and plant taxonomy in the context of forestry engineering
  2. Able to identify and formulate problems and objectives to be achieved in the context of animal and plant taxonomy using appropriate methods.
  3. Able to analyze data and information, find solutions to problems and find new methods in the context of animal and plant taxonomy to support forest engineering.
  4. Able to plan and prepare effective and interesting presentation materials using various supporting media.
  5. Able to carry out oral and or written presentations that are systematic and easy to understand and answer questions effectively in discussions.
Metode PembelajaranProses belajar dalam kelas/lapangan; Tugas terstruktur mandiri/kelompok; Praktikum; Kegiatan mandiri kelompokClassroom/field learning process; Independent/group structured assignments; Practice; Group independent activities
Modalitas PembelajaranDaya penyerapan: Visual; Auditorial; Kinestetik Daya pelaksanaan : Sinkron dan Asinkron Mandiri: mencari informasi, mengidentifikasi informasi yang penting, mencatat, mengorganisasi, mengelaborasi, meringkas, dan memantau pemahamanAbsorption power: Visual; Auditorial; Kinesthetic Implementation power: Synchronous and Asynchronous Independent: searching for information, identifying important information, taking notes, organizing, elaborating, summarizing, and monitoring understanding
Jenis NilaiABCDE
Metode PenilaianStandar nilai huruf dan nilai indeks sesuai ketentuan akademik ITB (Sistem A, AB, B, BC, C, D, E)Standard letter grades and index grades according to ITB academic regulations (System A, AB, B, BC, C, D, E)
Catatan Tambahan