Kode Mata Kuliah | BW2102 / 3 SKS |
---|
Penyelenggara | 115 - Rekayasa Kehutanan / SITH |
---|
Kategori | Kuliah |
---|
| Bahasa Indonesia | English |
---|
Nama Mata Kuliah | Taksonomi Hewan dan Tumbuhan (P) | Animal and Plant Taxonomy (P) |
---|
Bahan Kajian | - Sejarah taksonomi modern; konsep-konsep dalam taksonomi; klasifikasi; nomenklatur; relevansi taksonomi hewan dan tumbuha dalam konteks rekayasa kehutanan
- Biogeografi : zoogeografi dan fitogeografi; flora dan fauna hutan Indonesia dan wilayah tropika dunia
- Karakter morfologis sebagai dasar pengenalan hewan dan tumbuhan hutan; Metode identifikasi hewan dan tumbuhan; Herbarium dan museum zoologi
- Pengenalan hewan dan tumbuhan (khususnya hutan tropika)
| - History of modern taxonomy, principles in taxonomy: classification, nomenclature; relevance of animal and plant taxonomy in the context of forestry engineering.
- Biogeography: zoogeography and phytogeography; flora and fauna of Indonesian (and tropical)
- Taxonomic characters as a basis for recognizing forest animals and plants; animal and plant identification and determination methods; herbarium and zoological museums
- Introduction to tropical forest animal and plant families and examples of their species
|
---|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Mampu menerapkan ilmu kehutanan dan rekayasa untuk mendapatkan pemahaman komprehensif tentang taksonomi hewan dan tumbuhan dalam konteks rekayasa kehutanan
- Mampu mengidentifikasi dan merumuskan permasalahan dan tujuan yang ingin dicapai pada konteks taksonomi hewan dan tumbuhan dengan menggunakan metode yang sesuai.
- Mampu menganalisis data dan informasi, menemukan solusi permasalahan dan menemukan metode baru dalam konteks taksonomi hewan dan tumbuhan untuk mendukung rekayasa hutan.
- Mampu merencanakan dan menyiapkan bahan presentasi yang efektif dan menarik dengan menggunakan berbagai media pendukung.
- Mampu melaksanakan presentasi secara oral dan atau tulisan yang sistematis dan mudah dipahami dan menjawab pertanyaan secara efektif dalam diskusi.
| - Able to apply forestry science and engineering to gain a comprehensive understanding of animal and plant taxonomy in the context of forestry engineering
- Able to identify and formulate problems and objectives to be achieved in the context of animal and plant taxonomy using appropriate methods.
- Able to analyze data and information, find solutions to problems and find new methods in the context of animal and plant taxonomy to support forest engineering.
- Able to plan and prepare effective and interesting presentation materials using various supporting media.
- Able to carry out oral and or written presentations that are systematic and easy to understand and answer questions effectively in discussions.
|
---|
Metode Pembelajaran | Proses belajar dalam kelas/lapangan; Tugas terstruktur mandiri/kelompok; Praktikum; Kegiatan mandiri kelompok | Classroom/field learning process; Independent/group structured assignments; Practice; Group independent activities |
---|
Modalitas Pembelajaran | Daya penyerapan: Visual; Auditorial; Kinestetik
Daya pelaksanaan : Sinkron dan Asinkron
Mandiri: mencari informasi, mengidentifikasi informasi yang penting, mencatat, mengorganisasi, mengelaborasi, meringkas, dan memantau pemahaman | Absorption power: Visual; Auditorial; Kinesthetic
Implementation power: Synchronous and Asynchronous
Independent: searching for information, identifying important information, taking notes, organizing, elaborating, summarizing, and monitoring understanding |
---|
Jenis Nilai | ABCDE |
---|
Metode Penilaian | Standar nilai huruf dan nilai indeks sesuai ketentuan akademik ITB (Sistem A, AB, B, BC, C, D, E) | Standard letter grades and index grades according to ITB academic regulations (System A, AB, B, BC, C, D, E) |
---|
Catatan Tambahan | | |
---|