Kode Mata KuliahBW2201 / 3 SKS
Penyelenggara115 - Rekayasa Kehutanan / SITH
KategoriKuliah
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahAnatomi dan Fisiologi Tumbuhan (P)Plant Anatomy and Physiology (P)
Bahan Kajian
  1. Organisasi tumbuhan, struktur dan fungsi sel; jaringan dasar, dermal dan jaringan pembuluh (xilem & floem); struktur dan perkembangan organ akar, batang dan daun; modifikasi organ;
  2. Proses-proses fisiologis yang terjadi pada tumbuhan dan faktor-faktor yang mempengaruhinya mencakup fotosintesis ; respirasi (aerob dan anaerob) ; translokasi air dan unsur hara dari dalam tanah ; nutrisi mineral (klasifikasi nutrisi berdasarkan jumlah yang dibutuhkan (hara makro dan mikro), mobilitas dan fungsi ; hormon (fitohormon) dan pengaruhnya pada tumbuhan.
  1. Plant organization, cell structure and function; ground tissue, dermal and vascular tissue (xylem & phloem); structure and development of root, stem and leaf organs; organ modification;
  2. Physiological processes in plants and the factors that influence them include photosynthesis; respiration (aerobic and anaerobic); translocation of water and nutrients from the soil; mineral nutrition (classification of nutrients based on the amount needed (macro and micro nutrients), mobility and function; hormones (phytohormones) and their effects on plants.
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
  1. Mampu menerapkan ilmu kehutanan dan rekayasa untuk mendapatkan pemahaman komprehensif tentang prinsip-prinsip rekayasa kehutanan.
  2. Mampu mengidentifikasi dan merumuskan permasalahan dan tujuan yang ingin dicapai pada aspek rekayasa hutan dengan menggunakan metode yang sesuai.
  3. Mampu menganalisis data dan informasi, menemukan solusi permasalahan dan menemukan metode baru dalam penyelesaian permasalahan aspek rekayasa hutan.
  4. Mampu merencanakan dan menyiapkan bahan presentasi yang efektif dan menarik dengan menggunakan berbagai media pendukung.
  5. Mampu melaksanakan presentasi secara oral dan atau tulisan yang sistematis dan mudah dipahami dan menjawab pertanyaan secara efektif dalam diskusi.
  1. Able to apply forestry science and engineering to gain a comprehensive understanding of forestry engineering principles.
  2. Able to identify and formulate problems and objectives to be achieved in aspects of forest engineering using appropriate methods.
  3. Able to analyze data and information, find solutions to problems and find new methods in solving problems in forest engineering aspects.
  4. Able to plan and prepare effective and interesting presentation materials using various supporting media.
  5. Able to carry out oral and/or written presentations that are systematic and easy to understand and answer questions effectively in discussions.
Metode PembelajaranTatap Muka, Tugas Terstruktur, Tugas Mandiri, Praktikum, Tugas Kelompok.Face to face, Structured Assignments, Independent Assignments, Practicum, Group Assignments.
Modalitas PembelajaranVisual, Auditorial, Sinkron dan AsinkronVisual, Auditory, Synchronous and Asynchronous
Jenis NilaiABCDE
Metode PenilaianSistem Nilai Huruf Mutu (A, AB, B, BC, C, D dan E)Letter Grade System (A, AB, B, BC, C, D and E)
Catatan Tambahan