Kode Mata KuliahBW2208 / 2 SKS
Penyelenggara115 - Rekayasa Kehutanan / SITH
KategoriKuliah
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahPraktikum Ekologi Hutan dan Ilmu TanahForest Ecology and Soil Science Practicum
Bahan Kajian
  1. Prinsip pencuplikan dan pengukuran: metode dan intensitas pencuplikan, alat/instrumen yang digunakan
  2. Faktor lingkungan: mikroklimat, faktor edafik (tanah)
  3. Kajian ekologis vegetasi: struktur tegakan, komposisi floristik, distribusi spasial
  4. Analisis jasa ekosistem: simpanan karbon, hidrologi
  5. Kajian ekologis satwa: makrofauna tanah, avifauna
  6. Keterkaitan faktor lingkungan dengan keragaman dan kelimpahan biota
  1. Principles of sample collection and measurement: methods and size/intensity, tools/instruments
  2. Environmental factors: microclimate, edaphic (soil) factors
  3. Ecological analysis of vegetation: stand structure, floristic composition, spatial distribution
  4. Ecosystem services analysis: carbon storage, hydrology
  5. Ecological analysis of animals: soil macrofauna, avifauna
  6. Connection between environmental factors and organism’s diversity and abundance
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
  1. Merancang teknis/strategi pengukuran dan pencuplikan berbagai kelompok biota serta kodisi mikroklimat dan faktor edafik
  2. Mengukur kondisi mikroklimat dan edafik tapak, mendeskripsikan vegetasi, mencuplik biota dari kelompok arthropoda, dan mengamati burung
  3. Menganalisis keanekaragaman dan kelimpahan kelompok biota dan mengkaji keterkaitannya dengan kondisi lingkungan tapak
  4. Mengidentifikasi pendekatan dan instrumen yang tepat untuk pengukuran dan pencuplikan berbagai kelompok biota serta kodisi mikroklimat dan faktor edafik
  5. Melakukan pembagian tugas secara efektif sesuai dengan kemampuan masing-masing anggota kelompok
  6. Menyelesaikan tugas secara tepat waktu dan sesuai arahan
  1. Organize a strategy for measuring and collecting samples of various groups of organisms and the conditions of microclimate and soil
  2. Measuring site conditions (microclimate and soil), describing vegetation conditions, collecting arthropod samples, and bird-watching
  3. Analyze the diversity and abundance of organisms and describe the connection with environmental conditions
  4. Identify the suitable approach and instrument for measurement and sample collection of various groups of organisms and the conditions of microclimate and soil
  5. Organize group assignments effectively according to the member’s skills
  6. Complete tasks on time and follow the instructions
Metode PembelajaranKerja kelompok, pembelajaran berbasis proyek, presentasi
Modalitas PembelajaranKinestetik-Sinkron
Jenis NilaiABCDE
Metode PenilaianNilai huruf (sistem A, AB, B, BC, C, D, E) berdasarkan ujian (UTS dan UAS), kuis, tugas, presentasi, dan kinerja/kontribusi terhadap pekerjaan kelompok.
Catatan Tambahan