Kode Mata KuliahBW3102 / 3 SKS
Penyelenggara115 - Rekayasa Kehutanan / SITH
KategoriKuliah
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahTeknik Silvikultur (P)Silviculture Techniques (P)
Bahan Kajian
  1. Prinsip-prinsip silvikultur: komposisi, struktur, kerapatan tegakan, serta pertumbuhan dan perkembangan tegakan pada hutan seumur dan tidak seumur, hutan murni dan campuran
  2. Teknik-teknik silvikultur: metode reproduksi tegakan, perbenihan, persemaian, penanaman, pemeliharaan tanaman, pemangkasan, dan penjarangan
  3. Sistem-sistem silvikultur di hutan tropis: tebang habis, tebang rumpang, tepang pilih
  4. Aplikasi Teknik silvikultur dalam rehabilitasi dan restorasi
  1. Silvicultural principles: composition, structure, stand density, and stand growth and development in mature and non-evergreen forests, pure and mixed forests
  2. Silvicultural techniques: methods of stand reproduction, seeding, seeding, planting, plant maintenance, pruning, and thinning
  3. Silvicultural systems in tropical forests: clear cutting, clear cutting, selective cutting
  4. Application of silvicultural techniques in rehabilitation and restoration
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
  1. Mampu merancang pemulihan ekosistem hutan baru dengan menerapkan prinsip-prinsip silvikultur, aspek regenerasi dan dinamika pertumbuhan tegakan
  2. Mampu menerapkan rancangan teknik silvikultur dalam upaya peningkatan produktivitas lahan hutan yang efektif, efisien dan lestari
  3. Mampu mengidentifikasi dan merumuskan permasalahan degradasi lahan dan deforestasi dan tujuan yang ingin dicapai pada aspek teknik silvikultur dengan menggunakan teknik silvikultur yang sesuai
  4. Mampu menganalisis data dan informasi aspek silvikultur, menemukan solusi permasalahan dan menemukan metode baru dalam meningkatkan produktivitas lahan hutan
  5. Mampu memilih metode regenerasi dan metode reproduksi yang tepat untuk keberlanjutan pengelolaan hutan
  6. Mampu memilih sistem dan teknik silvikultur yang tepat yang digunakan dalam praktik pembangunan hutan, mulai dari persemaian, penanaman, dan pemeliharaan tanaman yang bertujuan untuk peningkatan produktivitas hutan dengan biaya yang lebih efisien
  7. Mampu merencanakan dan menyiapkan bahan presentasi mengenai keilmuan teknik silvikultur secara efektif dan menarik dengan menggunakan berbagai media pendukung
  8. Mampu melaksanakan presentasi secara oral dan atau tulisan yang sistematis dan mudah dipahami dan dapat menjawab pertanyaan secara efektif dalam diskusi aplikasi ilmu silvikultur dalam pembangunan hutan
  1. Able to design the restoration of a new forest ecosystem by applying silvicultural principles, regeneration aspects and stand growth dynamics
  2. Able to apply silvicultural engineering designs to increase forest land productivity in an effective, efficient and sustainable manner
  3. Able to identify and formulate problems of land degradation and deforestation and the goals to be achieved in the silvicultural engineering aspect using appropriate silvicultural techniques
  4. Able to analyze data and information on silvicultural aspects, find solutions to problems and find new methods to increase forest land productivity
  5. Able to choose appropriate regeneration methods and reproduction methods for sustainable forest management
  6. Able to choose the right silvicultural systems and techniques used in forest development practices, starting from seeding, planting and maintaining plants with the aim of increasing forest productivity at a more efficient cost
  7. Able to plan and prepare presentation materials regarding silvicultural engineering science effectively and interestingly using various supporting media
  8. Able to carry out oral and/or written presentations that are systematic and easy to understand and can answer questions effectively in discussions on the application of silvicultural science in forest development
Metode PembelajaranPresentasi, debat, studi kasus, studi literatur, praktikumPresentations, debates, case studies, literature studie, practices
Modalitas Pembelajaranvisual, auditorial, kinestetik, sinkronous dan asinkronousvisual, auditory, kinesthetic, synchronous and asynchronous
Jenis NilaiABCDE
Metode PenilaianKomponen penilaian: 25% UTS +25%UAS+10% Kuis+10% Tugas +30% praktikum Nilai mutu: A, AB, B, BC, C, DAssessment components: 25% UTS + 25% UAS + 10% Quizzes + 10% Assignments + 3-0% practices Quality grades: A, AB, B, BC, C, D
Catatan Tambahan