Kode Mata Kuliah | BW4110 / 2 SKS |
---|
Penyelenggara | 115 - Rekayasa Kehutanan / SITH |
---|
Kategori | Kuliah |
---|
| Bahasa Indonesia | English |
---|
Nama Mata Kuliah | Teknik Pemanenan Hasil Hutan | Harvesting Techniques of Forest Products |
---|
Bahan Kajian | - Pengertian, tujuan, ruang lingkup dan kebijakan pemerintah yang terkait dengan pemanenan hasil hutan
- Definisi, tujuan dan ruang lingkup perencanaan pemanenan hasil hutan
- Pembukaan wilayah hutan
- Sistem pemanenan kayu
- Pemanenan kayu ramah lingkungan
- Teknik pemanenan kayu di hutan alam tropis lahan kering, hutan tanaman dan hutan rawa
- Tata usaha kayu
- Pemanenan hasil hutan bukan kayu: teknik pemanenan getah pinus, kopal, damar dan lain-lain.
| - The meaning, purposes, scope and government policies related to forest products harvesting
- Definition, purposes and scope of planning the forest products harvest
- Forest openings
- Timber harvesting systems
- Reduced impact logging
- Techniques of timber harvesting in the dry land tropical natural forest, plantation forest and swamp forest
- Timber administration
- Harvesting techniques of non-timber forest products: harvesting techniques of pine sap, copal, resin etc.
|
---|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Mampu mengidentifikasi dan merumuskan permasalahan dan tujuan yang ingin dicapai pada aspek rekayasa hutan dengan menggunakan metode yang sesuai.
- Mampu menganalisis data dan informasi, menemukan solusi permasalahan dan menemukan metode baru dalam penyelesaian permasalahan aspek rekayasa hutan.
- Mampu memilih metode yang tepat yang digunakan dalam praktik rekayasa kehutanan.
| - Able to identify and formulate problems and objectives to be achieved in the forest engineering aspect using appropriate methods.
- Able to analyze data and information, find solutions to problems and find new methods in solving problems in forest engineering aspects.
- Able to choose the right method used in forest engineering practice
|
---|
Metode Pembelajaran | Tatap muka, tugas individu, tugas kelompok, diskusi, quis, pemutaran video terkait topik perkuliahan.dan kuliah lapangan | Face to face, individual assignments, group assignments, discussions, quizzes, video screenings related to lecture topics and field study. |
---|
Modalitas Pembelajaran | Visual, auditorial, sinkron dan asinkron | Visual, auditory, synchronous and asynchronous |
---|
Jenis Nilai | ABCDE |
---|
Metode Penilaian | Sistem Nilai Huruf (A, AB, B, BC, C, D dan E) | Letter Grade System (A, AB, B, BC, C, D and E) |
---|
Catatan Tambahan | | |
---|