Kode Mata Kuliah | BW3104 / 2 SKS |
---|
Penyelenggara | 115 - Rekayasa Kehutanan / SITH |
---|
Kategori | Kuliah |
---|
| Bahasa Indonesia | English |
---|
Nama Mata Kuliah | Sosiologi Kehutanan | Forestry Sociology |
---|
Bahan Kajian | - Konsep-konsep sosial untuk memahami aktivitas sosial dalam pengelolaan sumberdaya hutan
- Kajian-kajian kasus berdasarkan aktivitas sosial dalam pengelolaan sumberdaya hutan
| - Social concepts to understand social activities in forest resource management
- Case studies based on social activities in forest resource management
|
---|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Mampu mengidentifikasi dan menerapkan ilmu sosial dalam merancang pengelolaan hutan yang mempertimbangkan dinamika sosial dalam pengelolaan sumber daya hutan
- Mampu menggunakan data dan metode sosiologis untuk memahami peran masyarakat dalam pelestarian dan pemanfaatan hutan secara komprehensif
- Mampu menunjukkan sikap profesional dan jujur dalam setiap tugas dan tanggung jawab, menjaga integritas serta mengembangkan komunikasi secara efektif dengan masyarakat dan para pemangku kepentingan
- Mampu mengidentifikasi masalah social dalam pengelolaan hutan dan bertanggung jawab atas penyelesaian dengan pendekatan yang efektif dan berkelanjutan
- Mampu menerapkan kode etik profesi dan berkomunikasi secara etis serta kolaboratif dengan pemangku kepentingan untuk mencapai tujuan pengelolaan hutan yang berkelanjutan
- Mampu mengidentifikasi dan menerapkan prinsip keselamatan, kesehatan kerja, dan lingkungan (K3L) dalam proyek kehutanan, serta menilai risiko lingkungan dan kesehatan untuk mengembangkan strategi mitigasi yang efektif
| - Able to identify and apply social science in designing forest management that considers social dynamics in forest resource management
- Able to use sociological data and methods to understand the role of communities in forest conservation and utilization comprehensively
- Able to demonstrate a professional and honest attitude in all duties and responsibilities, maintain integrity and develop effective communication with the community and stakeholders
- Able to identify social problems in forest management and take responsibility for solving them with an effective and sustainable approach
- Able to apply professional code of ethics and communicate ethically and collaboratively with stakeholders to achieve sustainable forest management goals
- Able to identify and apply safety, occupational health and environmental principles in forestry projects, and assess social risks to develop effective mitigation strategies
|
---|
Metode Pembelajaran | Tatap Muka, Tugas Mandiri, Tugas Kelompok | Face to Face, Independent Tasks, Group Tasks |
---|
Modalitas Pembelajaran | Visual, Auditorial, Sinkron, Asinkron | Visual, Auditory, Synchronous, Asynchronous |
---|
Jenis Nilai | ABCDE |
---|
Metode Penilaian | Sistem Nilai Huruf (A, AB, B, BC, C, D, E) | Letter Grading System (A, AB, B, BC, C, D, E) |
---|
Catatan Tambahan | | |
---|