Kode Mata Kuliah | BW3090 / 3 SKS |
---|
Penyelenggara | 115 - Rekayasa Kehutanan / SITH |
---|
Kategori | Kerja Praktik |
---|
| Bahasa Indonesia | English |
---|
Nama Mata Kuliah | Kerja Praktik | Internship |
---|
Bahan Kajian | - Overview dunia profesi kerekayasaan kehutanan khususnya di bidang kehutanan dan lingkungan hidup: Konservasi hutan; Restorasi Ekosistem; Pertambangan; NGO dan Lembaga konservasi, dsb.
- Etika dan Profesionalisme keinsinyuran kehutanan: etika dan kode etik; profesionalisme dalam dunia profesi kehutanan dan lingkungan; kode etik insinyur profesional Indonesia
- Praktik-Praktik dan Inovasi Rekayasa Kehutanan dan Lingkungan: overview praktik restorasi, rehabilitasi dan reklamasi; bentuk-bentuk inovasi yang berkembang; best practice praktik dan invasi rekayasa kehutanan dan lingkungan di Indonesia dan dunia
- Topik-Topik kajian dan aktivitas dalam dunia profesi kehutanan dan lingkungan: pemantauan ekosistem hutan; Teknik silvikultur dan pengelolaan hutan; Penginderaan jauh dan GIS; Pengelolaan Sumberdaya alam; Penanganan lahan kritis; restorasi, rehabilitasi dan reklamasi lahan pasca tambang; Health and Safety Environment; Sosial ekonomi dan budaya, pengembangan dan pemberdayaan masyarakat
| - Overview of the forestry engineering profession, especially in forestry and the environment: Forest conservation; Ecosystem restoration; Mining; NGOs and conservation organizations, etc.
- Ethics and Professionalism in forestry engineering: ethics and code of ethics; professionalism in the world of forestry and environmental professions; Indonesian professional engineer code of ethics
- Forestry and Environmental Engineering Practices and Innovations: overview of restoration, rehabilitation and reclamation practices; developing forms of innovation; best practices of forestry and environmental engineering practices and innovations in Indonesia and the world.
- Aspects of studies and activities in the world of forestry and environmental professions: forest ecosystem monitoring; Silviculture techniques and forest management; Remote sensing and GIS; Natural resource management; Critical land management; restoration, rehabilitation and post-mining land reclamation; Health and Safety Environment; Socio-economic and cultural, community development and empowerment.
|
---|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Mampu memilih metode yang tepat yang digunakan dalam praktik rekayasa kehutanan.
- Mampu memilih perangkat yang efektif dan efisien yang digunakan dalam praktik rekayasa kehutanan
- Mampu merencanakan dan menyiapkan bahan presentasi yang efektif dan menarik dengan menggunakan berbagai media pendukung.
- Mampu melaksanakan presentasi secara oral dan atau tulisan yang sistematis dan mudah dipahami dan menjawab pertanyaan secara efektif dalam diskusi.
- Mampu bekerja sama dalam kelompok sesuai dengan tugas dan keahlian yang diberikan dengan penuh kesadaran dan kesungguhan
- Mampu menjaga kekompakan kelompok dengan saling menghormati dan menghargai perbedaan adat istiadat dan budaya
- Mampu bekerja secara profesional, jujur, disiplin dan bertanggung jawab dalam penyelesaian permasalahan kerekayasaan kehutanan.
- Mampu bekerja secara profesional dengan menerapkan kode etik profesi engineer kehutanan dan menerapkan aspek keselamatan, kesehatan kerja dan lingkungan (K3L) dalam penyelesaian permasalahan kerekayasaan kehutanan.
| - Able to choose appropriate methods used in forestry engineering practices.
- Able to choose effective and efficient tools used in forestry engineering practices
- Able to plan and prepare effective and interesting presentation materials using various supporting media.
- Able to carry out oral and or written presentations that are systematic and easy to understand and answer questions effectively in discussions.
- Able to maintain group cohesiveness by respecting and appreciating differences in customs and culture.
- Able to work professionally, honestly, disciplined and responsible in solving forestry engineering problems.
- Able to work professionally, honestly, disciplined and responsible in solving forestry engineering problems.
- Able to work professionally by applying the code of ethics of the forestry engineer profession and applying aspects of safety, occupational health and the environment (K3L) in solving forestry engineering problems.
|
---|
Metode Pembelajaran | Proses belajar lapangan; Tugas terstruktur mandiri/kelompok; Kegiatan mandiri | Field learning process; Independent/group structured assignments; independent activities |
---|
Modalitas Pembelajaran | Daya penyerapan: Visual; Auditorial; Kinestetik
Daya pelaksanaan : Sinkron dan Asinkron
Mandiri: mencari informasi, mengidentifikasi informasi yang penting, mencatat, mengorganisasi, mengelaborasi, meringkas, dan memantau pemahaman | Absorption power: Visual; Auditorial; Kinesthetic
Implementation power: Synchronous and Asynchronous
Independent: searching for information, identifying important information, taking notes, organizing, elaborating, summarizing, and monitoring understanding |
---|
Jenis Nilai | ABCDE |
---|
Metode Penilaian | Standar nilai huruf dan nilai indeks sesuai ketentuan akademik ITB (Sistem A, AB, B, BC, C, D, E) | Standard letter grades and index grades according to ITB academic regulations (System A, AB, B, BC, C, D, E) |
---|
Catatan Tambahan | | |
---|