Kode Mata Kuliah | DI4007 / 2 SKS |
---|
Penyelenggara | 173 - Interior Design / FSRD |
---|
Kategori | Lecture |
---|
| Bahasa Indonesia | English |
---|
Nama Mata Kuliah | Desain Lingkungan Terapeutik | Healing Environment |
---|
Bahan Kajian | - Lingkungan terapeutik dan sehat terkait Desain Interior
- Aspek fisikal dan fisiologis manusia dan stimuli lingkungan binaan
- Aspek psikologis manusia dan stimuli lingkungan binaan
- Metode evaluasi dan Penerapan Solusi dalam Desain Interior
| - Therapeutic and healthy environments related to interior design
- Physiological and physical aspects of humans and built environment stimuli
- Psychological aspects of humans and built environment stimuli
- Evaluation methods and solution implementation in interior design
|
---|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Memahami pengetahuan, prinsip dan keterampilan desain interior
- Menjelaskan pengetahuan, prinsip dan keterampilan desain interior
- Mengimplementasikan pengetahuan, prinsip dan keterampilan desain interior dalam konteks (Mata Kuliah)
- Mampu mencari data literatur, regulasi, dan standar yang digunakan sesuai dengan kasus perancangan
- Mampu melakukan survey lapangan (observasi, wawancara, diskusi, dll) sesuai dengan kasus perancangan
- Mampu berpikir logis, kritis dalam menganalisis data atau informasi untuk menarik kesimpulan
- Memiliki wawasan terbuka dalam mengeksplorasi berbagai topik sesuai konteks (mata kuliah)
- Mampu memanfaatkan berbagai sumber daya yang dimiliki untuk pembelajaran
| - Understand interior design knowledge, principles, and skills
- Explain interior design knowledge, principles, and skills
- Implementing interior design knowledge, principles, and skills in context (Course)
- Able to search for literature, regulations, and standards relevant to the design case
- Able to conduct field surveys (observations, interviews, discussions, etc.) relevant to the design case
- Able to think logically and critically in analyzing data or information to draw conclusions
- Able to have an open mind in exploring various topics relevant to the context (Course)
- Able to utilize various available resources for learning
|
---|
Metode Pembelajaran | Ceramah, Diskusi, Team Based Project, Studi Kasus | Lectures, Discussions, Team-Based Projects, Case Studies |
---|
Modalitas Pembelajaran | Singkron, Luring | Synchronous, Offline |
---|
Jenis Nilai | ABCDE |
---|
Metode Penilaian | Penilaian dilakukan dengan pemebrian bobot nilai yang sesuai dengan tingkat kompleksitas setiap tugas maupun aspek penilaian lain, sebagai berikut:
Kehadiran = 10%
Tugas = 15%
Ujian Tengah Semester = 35%
Ujian Akhir Semester = 40% | Assessment is conducted by assigning weights according to the complexity of each assignment and other assessment aspects, as follows:
Attendance = 10%
Assignments = 15%
Mid-Semester Exam = 35%
Final Exam = 40% |
---|
Catatan Tambahan | Mata kuliah ini dimaksudkan agar mahasiswa dapat mengetahui dan mengerti peran desain interior sebagai lingkungan binaan dalam kaitan kesehatan fisik maupun psikologis, baik dalam tindakan preventif maupun kuratif. Serta aspek-aspek yang berpengaruh dan mempengaruhi pengguna ruang ketika berinteraksi dengan ruang tersebut. | This course is intended to provide students with an understanding of the role of interior design as a built environment in relation to physical and psychological health, both in preventive and curative measures, as well as the aspects that influence and affect the user of a space when interacting with that space. |
---|