Kode Mata KuliahDI4007 / 2 SKS
Penyelenggara173 - Desain Interior / FSRD
KategoriKuliah
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahLingkungan untuk PenyembuhanHealing Environment
Bahan Kajian
  1. Lingkungan terapeutik dan sehat terkait Desain Interior
  2. Aspek fisikal dan fisiologis manusia dan stimuli lingkungan binaan
  3. Aspek psikologis manusia dan stimuli lingkungan binaan
  4. Metode evaluasi dan Penerapan Solusi dalam Desain Interior
    Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
    1. Memahami pengetahuan, prinsip dan keterampilan desain interior
    2. Menjelaskan pengetahuan, prinsip dan keterampilan desain interior
    3. Mengimplementasikan pengetahuan, prinsip dan keterampilan desain interior dalam konteks (Mata Kuliah)
    4. Mampu mencari data literatur, regulasi, dan standar yang digunakan sesuai dengan kasus perancangan
    5. Mampu melakukan survey lapangan (observasi, wawancara, diskusi, dll) sesuai dengan kasus perancangan
    6. Mampu berpikir logis, kritis dalam menganalisis data atau informasi untuk menarik kesimpulan
    7. Memiliki wawasan terbuka dalam mengeksplorasi berbagai topik sesuai konteks (mata kuliah)
    8. Mampu memanfaatkan berbagai sumber daya yang dimiliki untuk pembelajaran
      Metode PembelajaranCeramah/ Kuliah Dosen Tamu Diskusi Team-Based Project Studi Kasus
      Modalitas PembelajaranHybrid Pembelajaran dilakukan secara tatap muka di kelas oleh Dosen / Dosen Tamu, namun materi yang telah diberikan terlebih dahulu pada platform Edunex. Sehingga penjelasan materi yang dilakukan di kelas merupakan pembahasan mendalam dari materi yang telah diberikan terlebih dahulu. Platform Edunex juga digunakan sebagai media pengumpulan tugas.
      Jenis NilaiABCDE
      Metode PenilaianWeighted "Penilaian dilakukan dengan pemebrian bobot nilai yang sesuai dengan tingkat kompleksitas setiap tugas maupun aspek penilaian lain, sebagai berikut: Kehadiran = 10% Tugas = 15% Ujian Tengah Semester = 35% Ujian Akhir Semester = 40% "
      Catatan Tambahan"Mata kuliah ini dimaksudkan agar mahasiswa dapat mengetahui dan mengerti peran desain interior sebagai lingkungan binaan dalam kaitan kesehatan fisik maupun psikologis, baik dalam tindakan preventif maupun kuratif. Serta aspek-aspek yang berpengaruh dan mempengaruhi pengguna ruang ketika berinteraksi dengan ruang tersebut. Pustaka: 1. Stranks, JW, Health and Safety Law, 5th edition, London: Prentice Hall, 2005 2. Richard L Miller, Earl S. Swensson, Hospital and Healthcare Facility Design, Hardcover, W.W. Norton, 2002 3. Yasukouchi, A. (2005). A perspective on the diversity of human adaptability. Journal of physiological anthropology and applied human science, 24 (3), 243-247. "