Kode Mata KuliahDI4007 / 2 SKS
Penyelenggara173 - Interior Design / FSRD
KategoriLecture
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahDesain Lingkungan TerapeutikHealing Environment
Bahan Kajian
  1. Lingkungan terapeutik dan sehat terkait Desain Interior
  2. Aspek fisikal dan fisiologis manusia dan stimuli lingkungan binaan
  3. Aspek psikologis manusia dan stimuli lingkungan binaan
  4. Metode evaluasi dan Penerapan Solusi dalam Desain Interior
  1. Therapeutic and healthy environments related to interior design
  2. Physiological and physical aspects of humans and built environment stimuli
  3. Psychological aspects of humans and built environment stimuli
  4. Evaluation methods and solution implementation in interior design
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
  1. Memahami pengetahuan, prinsip dan keterampilan desain interior
  2. Menjelaskan pengetahuan, prinsip dan keterampilan desain interior
  3. Mengimplementasikan pengetahuan, prinsip dan keterampilan desain interior dalam konteks (Mata Kuliah)
  4. Mampu mencari data literatur, regulasi, dan standar yang digunakan sesuai dengan kasus perancangan
  5. Mampu melakukan survey lapangan (observasi, wawancara, diskusi, dll) sesuai dengan kasus perancangan
  6. Mampu berpikir logis, kritis dalam menganalisis data atau informasi untuk menarik kesimpulan
  7. Memiliki wawasan terbuka dalam mengeksplorasi berbagai topik sesuai konteks (mata kuliah)
  8. Mampu memanfaatkan berbagai sumber daya yang dimiliki untuk pembelajaran
  1. Understand interior design knowledge, principles, and skills
  2. Explain interior design knowledge, principles, and skills
  3. Implementing interior design knowledge, principles, and skills in context (Course)
  4. Able to search for literature, regulations, and standards relevant to the design case
  5. Able to conduct field surveys (observations, interviews, discussions, etc.) relevant to the design case
  6. Able to think logically and critically in analyzing data or information to draw conclusions
  7. Able to have an open mind in exploring various topics relevant to the context (Course)
  8. Able to utilize various available resources for learning
Metode PembelajaranCeramah, Diskusi, Team Based Project, Studi KasusLectures, Discussions, Team-Based Projects, Case Studies
Modalitas PembelajaranSingkron, LuringSynchronous, Offline
Jenis NilaiABCDE
Metode PenilaianPenilaian dilakukan dengan pemebrian bobot nilai yang sesuai dengan tingkat kompleksitas setiap tugas maupun aspek penilaian lain, sebagai berikut: Kehadiran = 10% Tugas = 15% Ujian Tengah Semester = 35% Ujian Akhir Semester = 40%Assessment is conducted by assigning weights according to the complexity of each assignment and other assessment aspects, as follows: Attendance = 10% Assignments = 15% Mid-Semester Exam = 35% Final Exam = 40%
Catatan TambahanMata kuliah ini dimaksudkan agar mahasiswa dapat mengetahui dan mengerti peran desain interior sebagai lingkungan binaan dalam kaitan kesehatan fisik maupun psikologis, baik dalam tindakan preventif maupun kuratif. Serta aspek-aspek yang berpengaruh dan mempengaruhi pengguna ruang ketika berinteraksi dengan ruang tersebut.This course is intended to provide students with an understanding of the role of interior design as a built environment in relation to physical and psychological health, both in preventive and curative measures, as well as the aspects that influence and affect the user of a space when interacting with that space.