| Kode Mata Kuliah | SP6017 / 3 SKS |
|---|
| Penyelenggara | 240 - Studi Pembangunan / SAPPK |
|---|
| Kategori | Kuliah |
|---|
| Bahasa Indonesia | English |
|---|
| Nama Mata Kuliah | Pemberdayaan Komunitas untuk Transfromasi Sosial | Community Empowerment for Social Transformation |
|---|
| Bahan Kajian | - Proses marjinalisasi yang dialami sebagian masyarakat dalam proses pembangunan
- Teori pemberdayaan masyarakat dan transformasi sosial
- Filosofi dan intervensi berbagai area (bidang) pemberdayaan masyarakat
- Strategi atau pendekatan dalam pemberdayaan masyarakat
- Praktek pemberdayaan masyarakat di Indonesia
| - The marginalization process experienced by some communities in the development process
- Theory of community empowerment and social transformation
- Philosophy and interventions in various areas (fields) of community empowerment
- Strategy or approach in community empowerment
- The practice of community empowerment in Indonesia
|
|---|
| Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Mahasiswa mampu menjelaskan secara lebih kritis proses marjinalisasi yang dialami sebagian masyarakat dalam proses pembangunan.
- Mahasiswa mampu menjelaskan berbagai perspektif (teori) dalam konsep pemberdayaan masyarakat dan implikasinya terhadap transformasi sosial
- Mahasiswa mampu menjelaskan filosofi dan intervensi berbagai area (bidang) pemberdayaan masyarakat
- Mahasiswa mampu menjelaskan berbagai strategi atau pendekatan dalam pemberdayaan masyarakat.
- Mahasiswa mampu menjelaskan praktek pemberdayaan masyarakat di Indonesia serta menganalisisnya dalam perspektif dan pendekatan pemberdayaan masyarakat.
| - Students are able to explain more critically the process of marginalization experienced by some communities in the development process.
- Students are able to explain various perspectives (theories) in the concept of community empowerment and its implications for social transformation
- Students are able to explain the philosophy and interventions of various areas (fields) of community empowerment
- Students are able to explain various strategies or approaches in community empowerment.
- Students are able to explain the practice of community empowerment in Indonesia and analyze it from the perspective and approach of community empowerment.
|
|---|
| Metode Pembelajaran | Lecture, Debat | |
|---|
| Modalitas Pembelajaran | Visual, Auditorial, Kinetik
Presentasi kelas, Ceramah, Tugas Kuliah | |
|---|
| Jenis Nilai | ABCDE |
|---|
| Metode Penilaian | Visual, Auditory, Kinetic
Class presentations, Lectures, Lecture Assignments | |
|---|
| Catatan Tambahan | | |
|---|