Kode Mata Kuliah | MG3216 / 3 SKS |
---|
Penyelenggara | 125 - Teknik Metalurgi / FTTM |
---|
Kategori | Kuliah |
---|
| Bahasa Indonesia | English |
---|
Nama Mata Kuliah | Prinsip dan Pengendalian Korosi Logam | Principles and Controls of Metals Corrosion |
---|
Bahan Kajian | - Pengenalan korosi logam
- Prinsip termodinamika dalam elektrokimia
- Kinetika korosi akueous
- Pasivasi
- Bentuk-bentuk korosi
- Pengukuran laju korosi
- Metode pengendalian korosi
- Korosi dalam beberapa lingkungan korosif
| - Introduction to metal corrosion
- Principles of thermodynamics in electrochemistry
- Kinetics of aqueous corrosion
- Passivation
- Forms of corrosion
- Measurement of corrosion rate
- Methods of corrosion control
- Corrosion in various corrosive environments
|
---|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Memiliki kemampuan untuk menerapkan pengetahuan matematika, ilmu pengetahuan alam, dan rekayasa dalam mengevaluasi permasalahan korosi logam.
- Mampu menangani masalah-masalah korosi di lapangan, melakukan pengukuran laju korosi dan memilih sistem proteksi korosi khususnya sistem proteksi katodik.
- Mampu untuk mengidentifikasi, memformulasi, dan memecahkan permasalahan korosi logam dalam batasan-batasan tertentu.
- Memiliki kemampuan untuk merencanakan dan melakukan percobaan dan menggunakan teknik terkini untuk memecahkan permasalahan korosi logam.
| - Able to apply knowledge of mathematics, natural sciences, and engineering to evaluate metal corrosion issues.
- Able to address field corrosion issues, perform corrosion rate measurements, and select corrosion protection systems, particularly cathodic protection systems.
- Able to identify, formulate, and solve metal corrosion problems within specific constraints.
- Able to plan and conduct experiments and use modern techniques to solve metal corrosion problems.
|
---|
Metode Pembelajaran | Kegiatan proses belajar dalam kelas
Kegiatan penugasan terstruktur
Praktikum | Classroom learning activities
Structured assignments
Practical laboratory work |
---|
Modalitas Pembelajaran | Kombinasi ceramah dan diskusi, pembelajaran mandiri dari literatur atau video, pembelajaran berbasis masalah, tugas mandiri, kuis rutin bersama, pembelajaran kooperatif, dan praktikum di laboratorium. | Combination of lectures and discussions, independent learning from literature or videos, problem-based learning, independent assignments, regular quizzes, cooperative learning, and laboratory work. |
---|
Jenis Nilai | ABCDE |
---|
Metode Penilaian | Ujian Tengah Semester (UTS)
Ujian Tengah Semester (UAS)
Tugas Mandiri
Kuis atau Komponen Penilaian Lainnya
Keterampilan Pengerjaan, Laporan, dan Presentasi Hasil Praktikum | Mid-Semester Exam (UTS)
End-Semester Exam (UAS)
Independent Assignments
Quizzes or Other Assessment Components
Skills in Performing, Reporting, and Presenting Practical Laboratory Results |
---|
Catatan Tambahan | | |
---|