Kode Mata KuliahMG4025 / 2 SKS
Penyelenggara125 - Teknik Metalurgi / FTTM
KategoriKuliah
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahBiohidrometalurgi dan BioremediasiBiohidrometallurgy dan Bioremediation
Bahan Kajian
  1. Prinsip dasar biohidrometalurgi dan bioremediasi
  2. Aspek-aspek geokimia dalam biohidrometalurgi
  3. Organisma yang berperan pada biohidrometalurgi dan bioremediasi
  4. Mekanisme tranformasi metal dan bioleaching
  5. Kinetika dan teknik bioleaching
  6. Teknologi dan jenis jenis bioremediasi
  1. Basic principles of biohydrometallurgy and bioremediation
  2. Geochemical aspects in biohydrometallurgy
  3. Organisms involved in biohydrometallurgy and bioremediation
  4. Mechanisms of metal transformation and bioleaching
  5. Kinetics and techniques of bioleaching
  6. Technology and types of bioremediation
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
  1. Memiliki pemahaman dan kemampuan untuk mengevaluasi konsep dan aplikasi teknik biohidrometalurgi yang sangat bermanfaat dalam menciptakan teknologi ekstraksi metal dari bijih kualitas rendah dan dari limbah dalam rangka mengurangi dampak lingkungan dengan biaya yang relatif murah serta untuk memenuhi kebutuhan logam yang semakin meningkat di dunia.
  2. Memiliki pemahaman dan kemampuan untuk mengevaluasi konsep dan aplikasi teknik bioremediasi yang sangat bermanfaat dalam mengatasi permasalahan lingkungan yang tercemar oleh limbah metalurgi dan pertambangan.
  3. Mampu memberikan tinjauan, paparan, diskusi, dan evaluasi terkait perkembangan teknik biohidrometalurgi dan bioremediasi.
  4. Membuktikan kemampuan bekerja dalam tim.
  1. Has an understanding and ability to evaluate the concepts and applications of biohydrometallurgical techniques, which are highly beneficial for developing metal extraction technologies from low-quality ores and waste. This approach aims to reduce environmental impact at relatively low costs and meet the increasing global demand for metals.
  2. Has an understanding and ability to evaluate the concepts and applications of bioremediation techniques, which are highly beneficial for addressing environmental issues contaminated by metallurgical and mining waste.
  3. Able to provide reviews, presentations, discussions, and evaluations related to the development of biohydrometallurgy and bioremediation techniques.
Metode PembelajaranKegiatan proses belajar dalam kelas Kegiatan penugasan terstrukturClassroom learning activities Structured assignment activities
Modalitas PembelajaranKombinasi ceramah dan diskusi, pembelajaran mandiri dari literatur atau video, pembelajaran berbasis masalah, tugas mandiri, kuis rutin bersama, dan pembelajaran kooperatif.Combination of lectures and discussions, self-study from literature or videos, problem-based learning, independent assignments, regular quizzes together, and cooperative learning.
Jenis NilaiABCDE
Metode PenilaianUjian Tengah Semester (UTS) Ujian Tengah Semester (UAS) Tugas Mandiri Kuis atau Komponen Penilaian LainnyaMidterm Exam (UTS) Final Exam (UAS) Independent Assignment Quizzes or Other Assessment Components
Catatan Tambahan