Kode Mata KuliahNT6042 / 4 SKS
Penyelenggara287 - Teknologi Nano / SPS
KategoriKuliah
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahSintesis Material BateraiBattery Material Synthesis
Bahan Kajian
  1. Sintesis padatan, sintesis berbasis larutan, pelapisan dan perawatan permukaan, polimer, nanopartikel dan material berstruktur nano, senyawa berpori.
  2. Kelebihan dan kekurangan masing-masing pendekatan sintesis untuk material baterai akan dibahas dan mahasiswa akan mendapatkan pengalaman langsung dalam mensintesis material baterai utama melalui berbagai jalur.
  1. Solid state synthesis, solution-based synthesis, surface coating and treatment, polymers, nanoparticles and nanostructured materials, porous compounds.
  2. The advantages and disadvantages of each synthesis approach for battery materials will be addressed and the students will gain hands-on experience in synthesising a key battery material via multiple routes.
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
  1. Menjelaskan prinsip berbagai metode untuk memproduksi bahan baterai,
  2. Mengevaluasi pilihan sintesis bahan yang digunakan dalam baterai, berdasarkan sifat interaksi ikatan kimia serta struktur atom dan elektronik serta struktur mikro yang dihasilkan,
  3. Mengusulkan metodologi sintesis dan mengevaluasi kesesuaian berbagai pilihan sehubungan dengan peralatan, kemurnian bahan, reaktivitas, tingkat risiko, dan struktur atom dan elektronik yang diperlukan, struktur mikro dan sifat produk,
  4. Mensintesis bahan elektroda melalui beberapa rute, menilai dan mengevaluasi hasilnya.
  1. Explain the principles of various methods for producing battery materials.
  2. Evaluate synthesis options for materials used in batteries, based on the nature of chemical bond interactions, their atomic and electronic structures, and the resulting microstructure.
  3. Propose synthesis methodologies and evaluate the suitability of various options with respect to equipment, material purity, reactivity, risk level, and the required atomic and electronic structures, microstructure, and product properties.
  4. Synthesize electrode materials through several routes, assessing and evaluating the results.
Metode Pembelajarantatap muka, diskusiface to face, discussion
Modalitas Pembelajaranvisual, auditorial, sinkronusvisual, auditory, synchronous
Jenis NilaiABCDE
Metode PenilaianUTS dan UASMid Term and Final Examination
Catatan Tambahan