Kode Mata KuliahPK6001 / 3 SKS
Penyelenggara288 - Perencanaan Kepariwisataan / SAPPK
KategoriKuliah
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahTopik KhususSpecial Topic
Bahan Kajian
  1. Perkembangan dan implementasi pembangunan pariwisata berkelanjutan secara teoritis.
  2. Wawasan tentang perencanaan pariwisata berkelanjutan dengan melihat praktek yang sudah menuju ke praktek sustainabilitas di beberapa tempat dan destinasi baik di indonesia maupun di negara lain.
  3. Bagaimana mengontrol perkembangan pariwisata supaya tetap berkelanjutan, sesuai dengan konsep sustainability.
  1. Theoretical development and implementation of sustainable tourism development.
  2. Insight into sustainable tourism planning by looking at practices that have led to sustainable practices in several places and destinations both in Indonesia and in other countries.
  3. How to control tourism development so that it remains sustainable, in accordance with the concept of sustainability.
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
  1. Memahami perkembangan dan implementasi pembangunan pariwisata berkelanjutan secara teoritis. Penekanan diberikan kepada konsep pembangunan berkelanjutan dan bagaimana berinteraksi dengan perkembangan pariwisata saat ini.
  2. Memahami bagaimana praktek-praktek pariwisata saat ini yang belum menuju ‘sustainable’ dan menjadi tuntutan di masa depan.
  3. Mempunyai wawasan tentang perencanaan pariwisata berkelanjutan dengan melihat praktek yang sudah menuju ke praktek sustainabilitas di beberapa tempat dan destinasi baik di indonesia maupun di negara lain.
  4. Memberi pemahaman bagaimana mengontrol perkembangan pariwisata supaya tetap berkelanjutan, sesuai dengan konsep sustainability.
  1. Understand the development and implementation of sustainable tourism development theoretically. Emphasis is given to the concept of sustainable development and how it interacts with current tourism developments.
  2. Understand how current tourism practices are not yet 'sustainable' and will become demands in the future.
  3. Have insight into sustainable tourism planning by looking at practices that have led to sustainable practices in several places and destinations both in Indonesia and in other countries.
  4. Provide an understanding of how to control tourism development so that it remains sustainable, in accordance with the concept of sustainability.
Metode PembelajaranLecture, PresentationLectures, Presentations
Modalitas PembelajaranMemaksimalkan kesempatan diskusi dan dialog intelektual yang hidup serta partisipasi aktif mahasiswa di kelas.Maximize opportunities for lively intellectual discussion and dialogue as well as active student participation in class.
Jenis NilaiABCDE
Metode PenilaianUTS 30%, UAS 50%, Tugas 20%UTS 30%, UAS 50%, Assignments 20%
Catatan Tambahan