Kode Mata KuliahTA3001 / 2 SKS
Penyelenggara121 - Teknik Pertambangan / FTTM
KategoriKuliah
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahRemote Sensing untuk EksplorasiRemote Sensing for Exploration
Bahan Kajian
  1. Pendahuluan: Pengantar tentang konsep dan prinsip dasar remote sensing dalam eksplorasi sumberdaya bumi
  2. Foto udara dan citra satelit: Informasi tentang sistem remote sensing khususnya foto udara dan jenis-jenis citra satelit serta pemilihan citra yang tepat termasuk pengenalan resolusi (spasial, temporal, spektral dan radiometrik).
  3. Citra sensor optis; visible-shortwave infrared 1: Penerapan proses digital pada citra multispektral; pre-processing data seperti koreksi citra (atmosferik dan geometri), penentuan fitur RGB dan komposisi band.
  4. Citra sensor optis; visible-shortwave infrared 2: Penerapan proses digital pada citra multispektral; penjelasan lebih lanjut penajaman citra, pemilihan band ratio, indeks mineral dan vegetasi, melakukan principal component analysis (PCA).
  5. Citra sensor optis; visible-shortwave infrared 3: Studi kasus dan aplikasi penggunaan citra multispektra visible–shortwave infrared untuk eksplorasi sumberdaya bumi.
  6. Citra sensor optis; visible-shortwave infrared 4: Penerapan proses digital pada citra hiperspectral termasuk pre-processing dan analisis data serta aplikasinya dalam eksplorasi sumberdaya bumi.
  7. Citra sensor optis; thermal infrared: Aplikasi thermal infrared untuk eksplorasi mineral dan panas bumi.
  8. Ujian Tengah Semester
  9. Citra sensor microwave 1: Pemahaman tentang teknologi radar dan interaksi dengan permukaan
  10. Citra sensor microwave 2: Proses data SAR untuk mendeteksi permukaan untuk tujuan eksplorasi
  11. Citra sensor microwave 3: Studi kasus aplikasi SAR untuk eksplorasi sumberdaya bumi.
  12. Foto udara: Pengenalan teknik pengambilan data, proses, analisis dan intepretasi foto udara serta pemetaan permukaan resolusi tinggi.
  13. Digital Elevation Model (DEM), ektraksi kelurusan, dan klasifikasi permukaan.: Pengenalan jenis data DEM, ekstraksi DEM menjadi peta topografi dan ekstraksi kelurusan menggunakan data citra serta teknik klasifikasi citra/foto udara.
  14. Geobotanical Remote Sensing: Pemahaman tentang prinsip integrasi biogeokimia dan geologi menjadi geobotani serta integrase geobotani aplikasi geobotanical remote sensing untuk eksplorasi sumberdaya bumi untuk daerah yang tertutupi vegetasi seperti daerah tropis/sub tropis termasuk Indonesia.
  15. Integrasi dengan data survey lapangan (geologi, geokimia, geofisika) dan pengolahan database.: Teknik pengambilan data sebagai pembuktian lapangan, korelasi dengan data remote sensing serta pengetahuan integrasi database.
  16. Ujian Akhir Semester
    Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
    1. Mahasiswa memahami konsep dan prinsip dasar remote sensing untuk eksplorasi sumberdaya bumi, foto udara dan cita satelit, citra sensor optis termasuk rentang spektrum visible sampai shortwave infrared dan thermal infrared, citra sensor microwave, digital elevation model dan aplikasinya, geobotanical remote sensing
    2. Mahasiswa mampu integrasi remote sensing dan data survey lapangan (geologi, geokimia, geofisika)
      Metode PembelajaranKuliah
      Modalitas PembelajaranLuring Sinkron
      Jenis NilaiABCDE
      Metode PenilaianUAS, UTS, dan Tugas
      Catatan Tambahan