Kode Mata KuliahSI1241 / 3 SKS
Penyelenggara150 - Teknik Sipil / FTSL
KategoriKuliah
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahPengantar Rekayasa TransportasiIntroduction to Transportation Engineering
Bahan Kajian
  1. Permasalahan, sistem, evolusi transportasi
  2. Karakteristik moda dan jaringan transportasi
  3. Perencanaan dan ekonomi transportasi
  4. Aspek keselamatan dan lingkungan transportasi
  5. Elemen arus lalu lintas
  6. Karakteristik dan model makroskopik lalu lintas
  7. Survey lalu lintas
  8. Perangkat pengendalian lalu lintas
  9. Pengaturan simpang, perancangan simpang bersinyal
  1. Problems, systems, evolution of transportation
  2. Characteristics of transportation modes and networks
  3. Transportation planning and economics
  4. Safety and environmental aspects of transportation
  5. Elements of traffic flow
  6. Characteristics and macroscopic traffic models
  7. Traffic surveys
  8. Traffic control devices
  9. Intersection control, design of signalized intersections
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
  1. Kemampuan untuk menerapkan model matematik dalam analisis arus lalu lintas
  2. Kemampuan untuk mendeskripsikan dan mengidentifikasi prinsip kerekayasaan yang ada dalam suatu sistem transportasi
  3. Kemampuan untuk berinteraksi dengan rekan kerja dari disiplin dan latar belakang ilmu yang berbeda dalam memahami masalah transportasi
  4. Kemampuan untuk membuat presentasi yang informatif dan menarik secara visual
  5. Kemampuan untuk menggunakan bahasa dan tata bahasa yang baik termasuk penggunaan persamaan matematika dan ilustrasinya
  6. Kemampuan untuk mengidentifikasi konteks ekonomi, sosial, dan lingkungan global dalam menganalisis permasalahan transportasi
  1. Ability to apply mathematical models in traffic flow analysis
  2. Ability to describe and identify engineering principles within a transportation system
  3. Ability to interact with colleagues from different disciplines and backgrounds to understand transportation problems
  4. Ability to create informative and visually engaging presentations
  5. Ability to use proper language and grammar, including the use of mathematical equations and their illustrations
  6. Ability to identify the economic, social, and global environmental contexts in analyzing transportation issues
Metode PembelajaranDiskusi kelompok, simulasi dan bermain peran, studi kasus, ceramah
Modalitas PembelajaranBauran
Jenis NilaiABCDE
Metode PenilaianUTS (35%), UAS (35%), Tugas Besar (20%), Kuis (10%)
Catatan Tambahan