Kode Mata KuliahTG1201 / 3 SKS
Penyelenggara123 - Teknik Geofisika / FTTM
KategoriKuliah
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahGeofisika DasarBasic Geophysics
Bahan Kajian
  1. Teknologi Kegeofisikaan (pemahaman Teknik Geofisika, relevansi Teknik Geofisika, desain kompetensi sarjana Teknik Geofisika, contoh masalah lokal dan global yang terkait dengan teknologi geofisika, rekam jejak para lulusan Teknik Geofisika).
  2. Bentuk, Dimensi bumi, dan Geocronologi (Bumi sebagai bola sempurna, Bumi sebagai ellipsoid putaran, Bumi sebagai triaxial ellipsoid, bentuk Bumi dari observasi satelit, prinsip pengukuran umur batuan dan Bumi).
  3. Kegempaan, Interior Bumi, dan Bencana (mekanisme, sumber, lokasi, parameter gempabumi, dan instrumentasi; teori gelombang elastik, karakterisasi gelombang seismik, fasa seismik dan kaitannya dengan gempabumi; implikasi seismologi dalam struktur interior Bumi; implikasi ilmu-ilmu kebumian lainnya dalam struktur interior Bumi; penentuan massa Bumi, momen inersia Bumi, dan rotasi Bumi; penentuan harga densitas Bumi, konstanta dan percepatan gravitasi).
  4. Geofisika sebagai Alat Eksplorasi Sumberdaya Bumi dan Lingkungan (metoda-metoda eksplorasi untuk sumberdaya, metoda-metoda eksplorasi untuk lingkungan, contoh pemanfaatan metoda geofisika pada eksplorasi sumberdaya, contoh pemanfaatan metoda geofisika pada eksplorasi lingkungan).
  5. Seismologi Eksplorasi (seismik refleksi, seismik refraksi, petroleum system).
  6. Gravity, Magnetik, dan Heat Flow (konsep dasar gravitasi, konsep dasar magnetic, konsep dasar heat flow).
  7. Prinsip Pengukuran Geofisika (pengukuran geofisika aktif, pengukuran geofisika pasif, sensor dalam geofisika).
  8. Sifat Fisis Batuan yang Berpengaruh terhadap Pengukuran Geofisika (penjelasan tentang parameter-paarameter fisis yang penting dalam geofisika, seperti densitas, porositas, suseptibilitas magnetic, kecepatan gelombang elastis P dan S, hambatan jenis listrik, konduktivitas termal).
    Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
    1. Mahasiswa mampu mendeskripsikan konsep tentang teknik geofisika, bentuk interior dan struktur bumi, bencana bumi (kegempaan dan gunung api), eksplorasi sumber daya bumi, metode geofisika dan aplikasinya dalam meningkatkan kesejahteraan manusia.
    2. Mahasiswa mampu melakukan pengukuran untuk mendapatkan data parameter fisis batuan di laboratorium dan menganalisa data hasil pengukuran baik secara kuantitatif maupun kualitatif serta menuliskannya dalam bentuk laporan atau karya tulis ilmiah.
      Metode PembelajaranKuliah di kelas Dosen mengajar siswa di kelas. Akan ada kuis, tugas, atau pekerjaan rumah di beberapa kelas. Dosen menyampaikan materi kuliah dengan menggunakan media seperti slide pada LCD proyektor dan papan tulis. Praktikum atau percobaan di laboratorium Mahasiswa melakukan praktikum atau eksperimen di laboratorium sesuai dengan modul praktikum. Pertama, asisten laboratorium akan menyampaikan ide utama dari praktikum atau eksperimen. Setelah itu, siswa melakukan praktikum.
      Modalitas PembelajaranPapan tulis, laptop/komputer, slide presentasi, video & animasi, dan internet
      Jenis NilaiABCDE
      Metode PenilaianUTS : 30% UAS : 40% Praktikum : 30%
      Catatan Tambahan