Kode Mata KuliahBI5090 / 2 SKS
Penyelenggara206 - Biologi / SITH
KategoriTugas Akhir / Tesis / Disertasi
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahPenulisan ProposalProposal Writing
Bahan Kajian
  1. Telaah litelatur
  2. Perancangan penelitian
  3. Penyusunan proposal penelitian
  1. Literature review
  2. Research design
  3. Preparation of a research proposal
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
  1. Desain Eksperimen: Mahasiswa memiliki kemampuan untuk merancang eksperimen biologi yang valid dan reliable, termasuk pemilihan sampel, kontrol, dan variabel.
  2. Kemampuan Komunikasi Lisan: Mahasiswa mampu menyampaikan ide dan informasi dengan jelas dan efektif dalam berbagai konteks, termasuk presentasi dan diskusi dengan menggunakan alat bantu visual dan teknologi presentasi secara efektif
  3. Kemampuan Komunikasi Tulis: Mahasiswa mampu menulis laporan, makalah, dan dokumen lain dengan struktur yang baik dan gaya bahasa yang tepat untuk menyampaikan informasi secara efektif kepada audiens yang dituju.
  1. Experiment Design: Students have the ability to design valid and reliable biological experiments, including sample selection, controls, and variables.
  2. Oral Communication Skills: Students are able to convey ideas and information clearly and effectively in a variety of contexts, including presentations and discussions using visual aids and presentation technology effectively.
  3. Written Communication Skills: Students are able to write reports, papers, and other documents with good structure and appropriate language style to convey information effectively to the intended audience.
Metode PembelajaranPenyampaian materi, diskusi, dan kerja mandiri.lectures, discussions, and independent work.
Modalitas PembelajaranJalur Proses Pendidikan by Research: Mandiri dan daring penuh. Jalur Proses Pendidikan by Thesis: Terstruktur dan terfasilitasi (Web Enhanced) Jalur Proses Pendidikan by Case Study: Mandiri, terstruktur, dan bauran (Blend)By Research: Independent and fully online. By Thesis: Structured and facilitated (web enhanced). By Case Study: Independent, structured and blended.
Jenis NilaiABCDE
Metode PenilaianDilakukan secara terpadu untuk menilai: 1. Aspek pengetahuan melalui tes tulis berupa kuis, UTS, UAS, dan tugas mandiri/kelompok. 2. Aspek keterampilan melalui presentasi (rubrik) 3. Aspek sikap melalui keaktifan, kejujuran/plagiarisme, dan kreativitasConducted in an integrated manner to assess: 1. Knowledge aspects through written tests in the form of quizzes, midterms, final exams, and independent/group assignments. 2. Skill aspect through presentation (rubric) 3. Attitude aspect through activeness, honesty/plagiarism, and creativity 3.
Catatan Tambahan