| Kode Mata Kuliah | BP6024 / 2 SKS |
|---|
| Penyelenggara | 213 - Biomanajemen / SITH |
|---|
| Kategori | Kuliah |
|---|
| Bahasa Indonesia | English |
|---|
| Nama Mata Kuliah | Manajemen Konservasi Lingkungan Hidup | Environmental Conservation Management |
|---|
| Bahan Kajian | - Biodiversitas, fungsi dan jasa ekosistem
- Penghancuran habitat
- Fragmentasi habitat dan perubahan lanskap
- Pemanenan berlebihan
- Spesies invasive
- Perubahan iklim
- Kebakaran dan biodiversitas
- Kepunahan dan praktik mencegahnya
- Perencanaan dan prioritas konservasi
- Pengelolaan spesies yang terancam punah: pengalaman AS dan di Indonesia
- Konservasi dalam lanskap yang dimodifikasi
- Manusia dan peranan manusia dalam konservasi
| - Biodiversity, ecosystem functions and services
- Habitat destruction
- Habitat fragmentation and landscape change
- Overharvesting
- Invasive species
- Climate change
- Fire and biodiversity
- Extinction and practices to prevent it
- Conservation planning and prioritisation
- Endangered species management: US and Indonesian experiences
- Conservation in modified landscapes
- People and their role in conservation
|
|---|
| Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Mampu merencanakan bisnis di bidang komoditas, keanekaragaman hayati, dan lingkungan dengan menggunakan konsep ekologi-ekonomi dan bio-bisnis
- Mampu mengevaluasi bisnis di bidang komoditas, keanekaragaman hayati, dan lingkungan dengan menggunakan konsep ekologi-ekonomi dan bio-bisnis
- Mampu merencanakan, mengorganisasikan, dan mengevaluasi pengelolaan ekosistem untuk konservasi dan bisnis yang berkelanjutan
- Mampu melakukan perbaikan berkesinambungan (continuous improvement) pengelolaan ekosistem untuk konservasi dan bisnis yang berkelanjutan
| - Capable of planning businesses in the fields of commodities, biodiversity, and the environment using ecological-economic and bio-business principles.
- Capable in evaluating businesses in the fields of commodities, biodiversity, and the environment using ecological-economic and bio-business principles.
- Skilled at planning, organizing, and evaluating ecosystem management for sustainable conservation and business practices.
- Experienced in implementing continuous improvements in ecosystem management for sustainable conservation and business practices.
|
|---|
| Metode Pembelajaran | Proses belajar dalam kelas, penugasan terstruktur, dan kegiatan mandiri. | Lectures, structured assignment, and self-learning activities. |
|---|
| Modalitas Pembelajaran | Moda Penyerapan: Visual dan Auditorial
Moda Pelaksanaan: Sinkronous dan Asinkronous | Mode of Engagement: Visual and Auditorial
Mode of Implementation: Synchronous and Asynchronous |
|---|
| Jenis Nilai | ABCDE |
|---|
| Metode Penilaian | • Ujian Tengah Semester (UTS) : 35%
• Ujian Akhir Semester (UAS) : 35%
• Tugas Individu : 15%
• Tugas Kelompok : 15% | • Mid Semester Exam : 35%
• Final Semester Exam : 35%
• Individual Assignment : 15%
• Group Assignment : 15% |
|---|
| Catatan Tambahan | | |
|---|